7 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan Tubuh

Kimchi jadi slaah satu makanan populer seiring meluasnya budaya Korea di seluruh dunia. Hampir di setiap acara Korea kita bisa menemui makanan ini dengan mudah.

Kimchi sendiri merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari sayur-sayuran seperti kol, sawi putih, atau lobak. Dalam proses pembuatannya kimchi juga ditambahkan beberapa bumbu dasar dan rempah-rempah hingga memiliki tekstur dan rasa yang unik.

Selain enak dan cocok untuk disantap dengan berbagai hidangan lainnya, kimchi ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Makanya kimchi menjadi salah satu makanan sehat yang bahkan dianggap sebagai superfoods.

manfaat kimchi untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Kimchi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kimchi berasal dar sayuran dan bumbu yang digunakan pada proses pembuatannya. Selain itu proses fermentasi juga membuat kimchi mendapatkan beragam nutrisi menarik seperti probiotik.

Berdasarkan data dari FoodCentral, 100 gram kimchi yang terbuat dari kol memiliki beragam nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 1.1 gram
  • Karbohidrat 2.4 gram
  • Serat: 1.6 gram
  • Kalsium: 33 mg
  • Zat Besi: 2.5 mg
  • MagnesiumL 14 mg
  • Fosfor: 24 mg
  • Potasium: 151 mg
  • Kolin: 15.5 mg

Selain itu kimchi juga mengandung folat, beta karoten, lutein, serta vitamin A, B6, B12, C, E, dan K.

Manfaat Kimchi

1. Mengandung probiotik

Pembuatan kimchi dilakukan dengan cara fermentasi agar makanan ini awet dan memiliki rasa serta aroma yang lebih kuat.

Dan sama seperti makanan hasil fermentasi lainnya, kimchi juga menggunakan bakteri baik dalam proses tersebut yang membuatnya memiliki rasa asam yang khas.

Namun tidak hanya merubah rasanya, proses fermentasi juga membentuk ekosistem yang memungkinkan bakteri baik berkembang biak. Salah satunya adalah probiotik yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti menyehatkan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mencegah berbagai jenis kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bakteri lactobacillus pada kimchi memiliki beberapa khasiat penting, seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan Universitas di Korea ditemukan bahwa kimchi dapat meningkatkan kekebalan sel tubuh lebih tinggi dibanding diet normal dan diet kolesterol tinggi.

Pada penelitian lain ditemukan bahwa tikus yang telah disuntikkan lactobacillus plantarum (senyawa yang umum pada makanan fermentasi) memiliki tingkat peradangan yang rendah yang menunjukan baiknya sistem kekebalan tubuh akibat senyawa tersebut.

3. Memperlambat proses penuaan

Kimchi jadi salah satu alasan kenapa banyak orang Korea yang memiliki kulit halus dan tampak awet muda.

Meski masih butuh diteliti lebih lanjut, kimchi dipercaya dapat memperlambat proses penuaan dengan menghambat peradangan. Selain itu kimchi juga mengandung banyak anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegahnya terpapar radikal bebas yang dapat merusak kulit.

4. Membantu menurunkan berat badan

Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, ternyata kimchi memiliki kalopri yang sangat rendah. Bayangkan, 150 gram kimchi hanya mengandung 40 kalori saja!

Selain kalorinya yang rendah, tingginya kandungan serat serta kandungan probiotik dalam kimchi dipercaya dapat membantu mereka yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menjaga kesehatan mata

manfaat kimchi untuk kesehatan mata

Kimchi mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin A yang dikenal lama baik untuk kesehatan mata.

Namuin tidak hanya itu, pada kimchi juga terdapat senyawa anti oksidan lutein dan zeaxanthin yang sudah terbukti mampu menjaga mata dari risiko degenerasi makula, mencegah radikal bebas pada mata, hingga menurunkan risiko penyakit katarak.

6. Menyehatkan jantung

Kimchi memiliki sifat anti peradangan yang dipercaya dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu penggunaan bawang putih pada kimchi juga memberi nutrisi allicin dan selenium yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko stroke.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa lemak pada tikus yang diberikan ekstrak kimchi ternyata jauh lebih kecil.

Pada studi lainnya ditemukan bahwa komsumsi 15-210 gram kimchi setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, serta kolesterol jahat yang semuanya merupakan penyebab masalah kesehatan jantung.

7. Menyehatkan lambung

Bahan baku kimchi seperti kol dan lobak cina mengandung zat bio-kimia seperti isosianat dan sulfida yang dapat membantu proses detoksifikasi logam berat yang ditemukan di hati, usus kecil dan ginjal. Hal ini membuat kimchi baik untuk mencegah kanker lambung.

Selain itu pada kimnchi juga terdapat mensenteroides leuconostoc yang menghasilkan dekstrin. Desktrin sendiri merupakan zat penting yang berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan Helicobacter pylori penyebab tukak lambung (ulkus peptikum).


Wah, ternyata tidak hanya enak dipadukan dengan beragam makanan, kimchi juga mengandung banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Proses pembuatannya pun cukup mudah, jadi bunda bisa membuatnya sendiri untuk dikonsumsi di rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama