11 Makanan yang Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi jadi salah satu masalah kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Selain pola hidup yang tidak sehat, hipertensi lebih banyak disebabkan oleh faktor makanan, seperti makanan yang tinggi garam atau terlalu banyak kafein.

Karena itulah, penting untuk menjaga pola makan agar bunda dan keluarga bisa terhindar dari risiko tekanan darah tinggi. Untuk memulainya, bunda bisa mengganti menu makanan tidak sehat di rumah dengan beberapa makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah berikut ini.

1. Pisang

pisang jadi makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Buah khas berwarna kuning yang mudah dikupas ini tidak hanya manis dan rendah sodium, tapi juga kaya potasium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Selain disantap langsung, bunda juga bisa memasukan pisang ke dalam makanan seperti sereal, kue, roti, smoothie, atau milkshake. Sebagai alternatif, bunda juga bisa coba memanggang atau membuat pisang bakar, lalu taburi dengan satu sendok yogurt beku.

2. Bayam

Tanaman berdaun hijau ini memiliki kalori yang rendah namun tinggi serat. Selain itu bayam juga mengandung banyak nutrisi lain seperti potasium, folat, magnesium. Semua nutrisi ini jadi bahan utama untuk menurunkan dan mempertahankan tingkat tekanan darah.

Tahukah bunda bahwa setengah cangkir bayam yang dimasak menyediakan sekitar 12% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan orang dewasa? Butuh cara mudah untuk makan lebih banyak sayuran hijau yang enak ini? Coba deh tambahkan daun bayam segar ke salad atau sandwich.

3. Seledri

Praktisi pengobatan tradisional telah menggunakan seledri untuk mengurangi tekanan darah tinggi selama berabad-abad. Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan sedikitnya empat batang seledri sehari dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Pada seledri terdapat fitokimia yang dikenal sebagai phthalides yang mampu mengendurkan jaringan otot di dinding arteri. Hal ini memungkinkan peningkatan aliran darah dan secara tidak langsung ikut menurunkan tekanan darah.

4. Oatmeal

Makan makanan tinggi serat & biji-bijian dapat membantu tubuh mempertahankan tekanan darah yang sehat dan oatmeal melakukan hal itu! Ini membantu mengurangi tekanan sistolik dan diastolik bunda.

Makanan rendah sodium ini dapat disiapkan sebagai sereal panas dan diberi buah atau digunakan dalam pancake. Selain itu bunda juga dapat menambahkannya ke banyak makanan yang dipanggang.

5. Alpukat

Asam oleat yang ditemukan dalam alpukat dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Alpukat juga mengandung potasium dan folat, yang penting untuk kesehatan jantung. Selain itu buah ini juga kaya akan vitamin A, K, B & E dan sarat dengan serat.

6. Semangka

konsumsi semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Semangka adalah makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung dan kaya akan serat, likopen, vitamin A, dan kalium. Semua nutrisi ini memiliki efek penurun tekanan darah. Selain itu buah ini juga mengandung asam amino yang disebut L-citrulline, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah.

7. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, asam folat, protein dan serat. Segenggam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu biji bunga matahari juga bisa jadi sumber magnesium yang bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat dan bergizi. Pastikan saja untuk membeli biji bunga matahari tanpa campuran garam untuk meminimalkan asupan natrium bunda.

8. Jeruk

Buah super kaya vitamin ini adalah makanan lain yang bisa bunda nikmati untuk menurunkan tekanan darah. Pilihlah segelas jus jeruk atau makan buah secara utuh untuk membantu tubuh mendapatkan serat dan vitamin C.

9. Wortel

Obat untuk tekanan darah tinggi berikutnya adalah wortel. Wortel kaya akan potasium dan beta-karoten yang telah terbukti efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Jus wortel juga membantu menjaga tekanan darah normal dengan mengatur fungsi jantung dan ginjal.

10. Telur

Telur juga bisa jadi makanan yang bisa bunda konsumsi untuk megnatasi hipertensi. Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa protein pada putih telur dapat menurunkan tekanan darah pada tikus. Efek yang didapat pun sebanding dengan dosis rendah obat penurun darah tinggi seperti Captopril. Meski begitu bunda juga tetap perlu berhat-hati untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena telur juga bisa meningkatkan kadar kolesterol.

11. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama digunakan sebagai makanan untuk kesehatan jantung dan ampuh sebagai penurun darah tinggi. Antibiotik alami ini mengandung allicin yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Dari beberapa studi ditemukan bahwa makan bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran darah danmengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama