7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Memiliki anak menjadi salah satu impian bagi pasangan yang sudah menikah. Meski ada banyak wanita yang cepat hamil, beberapa yang lainnya butuh waktu yang lebih lama untuk mendapatkannya.

Kemampuan untuk memiliki anak dengan cepat sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain faktor genetis, kesehatan fisik dan mental juga bisa memberi pengaruh besar pada kesuburan wanita.

Satu faktor lain yang juga tidak kalah penting adalah faktor makanan. Meski masih banyak perdebatan di kalangan ahli, nyatanya ada tingkat keberhasilan yang cukup tinggi di kalangan wanita yang mencoba makanan penyubur kandungan.

Nah, jika bunda juga berencana untuk memiliki anak, beberapa makanan penyubur kandungan ini bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita.

1. Daging

makanan berprotein tinggin menjadi salah satu makanan penyubur kandungan

Makanan yang mengandung protein hewani seperti daging dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu daging juga kaya akan zat besi yang juga memberi manfaat yang sama. Meski begitu bunda perlu membatasi asupan daging tersebut. Selain menjadi penyebab bau mulut, konsumsi daging juga bisa meningkatkan risiko kanker tertentu danpenyakit kardiovaskular, serta menurunkan kesuburan.

2. Ikan

Asam lemak omega-3 jadi kandungan baik lain yang dapat membantu meningkatkan kerja sistem reproduksi wanita dengan cara membantu regulasi hormon reproduksi serta melancarkan peredaran darah pada organ reproduksi. Zat ini umumnya ditemukan melimpah pada ikan-ikanan dan makanan laut seperti salmon, sarden, atau ikan lele.

Meski begitu hindari makanan ikan laut hasil olahan dalam kalengan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari ikan tersebut.

3. Kacang-Kacangan

Jika bunda alergi terhadap ikan, kacang-kacangan jadi salah satu sumber makanan alternatif yang juga banyak mengandung asam lemak omega-3. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga menjadi sumber protein yang baik untuk kesuburan wanita. Untuk mendapatkan manfaatnya, bunda bisa mengkonsumsi kacang kedelai dan produk olahannya seperti tempe atau tahu.

4. Susu dan Produk Olahannya

Susu umumnya dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Namun siapa sangka jika susu juga bisa jadi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Dan tidak hanya susu, produk olahan susu seperti keju atau yogurt juga bisa menjadi makanan penyubur kandungan.

Meski begitu pilihlan produk susu yang bebas lemak atau rendah lemak agar berat badan tidak bertambah dengan cepat dan mempengaruhi tingkat kesuburan wanita.

5. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau sepertibayam, selada, atau brokoli juga bisa dikonsumsi oleh bunda yang ingin cepat hamil. Sayuran hijau ini umumnya mengandung banyak vitamin B dan asam folat yang dapat meningkatkan ovulasi.

Tidak hanya untuk wanita, sayuran hijau juga baik dikonsumsi kaum pria. Sayuran hijau dapat meningkatkan kualitas sperma yang dapat memperbesar peluang kehamilan serta menurunkan risiko keguguran.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak asam lemak tidak jenuh. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah akan lebih terkontrol.

Selain itu asam lemak tidak jenuh juga baik sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Dengan begitu proses kehamilan mulai dari ovulasi, pembuahan, hingga perkembangan embrio tidak akan terganggu.

7. Kurma Muda

kurma muda dikenal lama sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita

Kurma muda adalah tanaman asal Timur Tengah yang sudah lama dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini sendiri belum dapat dibuktikan secara sains karena belum adanya penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya. Meski begitu pada kurma muda terkandung banyak zat baik untuk kesuburan wanita mulai dari vitamin A dan B, kalsium, zinc, asam folat, protein, serta antioksidan.


Memiliki anak dengan cepat tidak hanya ditentukan oleh faktor makanan saja. Selain mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita, jangan lupa juga untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat serta rajin berolahraga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama