8 Manfaat Salmon untuk Kesehatan Tubuh

Hewan laut jadi makanan yang bisa bunda tambahkan dalam menu sehari-hari. Selain jadi makanan sumber protein, beberapa makanan laut juga kaya omega-3, kalium, selenium, vitamin B12, dan banyak nutrisi baik lainnya.

Salah satu makanan laut yang baik untuk kesehatan tubuh adalah salmon. Tingginya kandungan nutrisi pada ikan ini bahkan membuatnya menjadi salah satu superfoods yang bisa memberikan banyak manfaat seperti berikut ini.

manfaat salmon untuk kesehatan tubuh

1. Sumber Protein

Terlepas dari sifatnya yang berlemak, ada protein yang bagus dalam salmon — pada kenyataannya, protein tanpa lemak. Dengan hanya empat ons porsi salmon, bunda bisa mendapatkan hingga 26 gram protein tanpa lemak.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, bunda dapat memuaskan rasa lapar lebih cepat. Hal ini menyebabkan asupan kalori lebih sedikit sehingga mampu menghindari penambahan berat badan karena asupan kalori berlebih.

Selain itu, menambahkan salmon ke dalam menu makanan dapat membantu bunda lebih cepat kenyang dibandingkan dengan jenis protein daging lainnya seperti daging sapi. Dengan begitu, mengonsumsi salmon dapat membantu mengontrol berat badan dengan mengurangi lemak perut, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan laju metabolisme, dan mengurangi nafsu makan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan asam lemak omega-3, vitamin A dan D, dan selenium, membuat salmon dapat membantu bunda untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi dua porsi salmon atau lebih setiap minggunya memungkinkan bunda untuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes.

Namun, bunda mungkin perlu mengurangi asupan karbohidrat berlebih untuk meningkatkan khasiatnya.

3. Baik untuk Kesehatan Otak

Sudah ada banyak penelitian yang menunjukan bahwa ikan berlemak dan minyak ikan telah ditemukan untuk mengurangi gejala depresi.

Manfaat lain yang terkait dengan peningkatan kesehatan otak setelah asupan salmon secara teratur termasuk memperlambat kehilangan memori akibat faktor usia, menurunkan risiko demensia, meningkatkan kesehatan otak untuk ibu hamil, dan mengurangi kecemasan.

Berkat asam lemak omega-3, hewan laut ini juga dapat meningkatkan kemampuan belajar, terutama pada anak-anak yang makan salmon secara teratur.

4. Mencegah Kerusakan Sel

Selain protein tinggi dalam salmon, ikan ini merupakan sumber selenium yang baik. Mineral ini terkenal karena kerjanya yang sangat baik sebagai antioksidan alami dalam tubuh kita.

Selain itu, selenium sangat terkait dengan penurunan peradangan sendi sekaligus menjaga jaringan tetap sehat melalui pencegahan kerusakan sel DNA. Vitamin D menambah nilainya sebagai tambahan yang bagus untuk menu diet bunda, berkat perannya dalam mencegah penyakit autoimun.

5. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

salah satu manfaat salmon adalah untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

Memasukkan salmon dalam menu makanan sehari-hari dapat mencukupi kebutuhan lemak omega-3, DHA, dan EPA yang tinggi. Khususnya, ketiga asam lemak ini bertanggung jawab atas banyak manfaat kardiovaskular.

Mengkonsumsinya rata-rata tiga kali seminggu dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Hal ini dapat membantu mencegah trigliserida, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

6. Membantu Mengatasi Susah Tidur

Makanan yang mengandung banyak omega-3 seperti salmon jadi salah satu makanan yang baik untuk membantu mendapatkan tidur yang nyenyak. Kualitas tidur yang baik akan memastikan bunda untuk mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas seharian.

Tidak hanya itu, bunda pun bisa menggunakan salmon untuk mengatasi insomnia. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan tripofan yang berfungsi sebagai sedatif alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu bunda tertidur dengan cepat.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Selain baik untuk kesehatan otak dan jantung, kandungan omega-3 ternyata juga baik untuk mencegah mata lelah, mata kering, dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu omega-3 pada ikan laut juga mampu melindungi mata dari penyakit mata berbahaya seperti glaukoma atau degenerasi makula.

Hal inilah yang membuat salmon dan ikan laut lainnya menjadi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

8. Membantu Tumbuh Kembang Anak

Manfaat salmon yang tidak kalah pentingnya adalah untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Pada salmon terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi mulai dari vitamin D, selenium, zat besi, dan zinc. Selain itu kandungan omega-3 pada salmon juga baik untuk perkembangan otaknya.

Ikan salmon bisa mulai diperkenalkan sejak bayi mulai makan makanan padat atau MPASI. Bunda bisa menyajikannya dalam bentuk sup agar lebih mudah dicerna mereka. Selain itu hindari penyajian salmon dengan cara diawetkan, dikeringkan, atau dalam bentuk salmon asap.


Ikan salmon adalah superfoods yang patut menjadi salah satu menu makanan andalan bunda di rumah. Tidak hanya enak, salmon juga menyehatkan dan memberi banyak manfaat bagi seluruh anggota keluarga di rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama