12 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jambu biji jadi salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di mana-mana. Dengan rasanya yang manis, jambu biji umumnya lebih banyak disajikan dalam bentuk jus buah atau menjadi campuran dalam minuman segar lainnya.

Selain enak untuk dikonsumsi, jambu biji ternyata memiliki khasiat yang sama baiknya. Bunda sendiri pasti sering mendengar jambu biji sebagai salah satu santapan yang baik untuk mereka yang baru saja sembuh dari penyakit demam berdarah.

manfaat jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Bila butuh asupan vitamin C, bunda mungkin akan teringat buah jeruk. Padahal jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari jeruk lho bun! Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang pastinya baik untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram buah jambu biji mengandung nutrisi sebagai berikut;

  • Air: 86 gram
  • Energi: 49 kal
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 12,2 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 28 mg
  • Zat besi: 1,1 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 52,8 g
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Zinc: 0,3 mg
  • Beta karoten: 27 mcg
  • Niasin: 0,8 mg
  • Vitamin B1: 0,02 mg
  • Vitamin B2: 0,03 mg
  • Vitamin C: 87 mg

Manfaat Jambu Biji

1. Membantu Mengobati Demam Berdarah

Salah satu manfaat jambu biji yang paling dikenal di masyarakat adalah untuk membantu memulihkan tubuh pasca terkena demam berdarah (DBD).

Khasiat ini didapat berkat kandungan tanin, flavonoid, dan vitamin C yang banyak ditemukan pada buah jambu biji. Ketiganya dapat membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh, menaikkan daya tahan tubuh, dan mengurangi risiko penyebaran virus dalam tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita demam berdarah.

2. Mengatasi diare

Manfaat jambu biji yang tidak kalah populer adalah untuk mengobati diare. Makanya banyak produk obat diare dan pencahar yang menggunakan jambu biji, terutama bagian daunnya, sebagai bahan baku utama pembuatannya.

Dari banyak penelitian, ekstrak jambu biji mengandung antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab diare. Selain itu ekstrak tersebut juga bisa membantu mengurangi intensitas serta durasi diare.

3. Baik untuk Pencernaan

Selain membantu mengatasi diare, jambu biji juga baik untuk pencernaan bunda. Kandungan seratnya yang tinggi membuat jambu biji baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan membantu mengatasi sembelit.

Satu buah jambu biji berukuran normal umumnya mengandung serat yang cukup untuk memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian orang dewasa. Selain itu jus jambu biji juga aman bagi penderita asam lambung dan bunda yang memiliki penyakit maag.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Jambu biji jadi salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Kadarnya bahkan bisa empat kali lipat lebih banyak dibandingkan buah jeruk yang selama ini kita kenal menjadi sumber vitamin C.

Kandungan vitamin C ini sangat baik untuk membantu meingkatkan serta menjaga sistem imun tubuh. Selain itu kandungan antimikroba pada jambu biji juga baik untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi bakteri dan virus jahat.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya serat sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Selain itu daun jambu biji juga diklaim dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Dari sebuah penelitian, daun jambu biji dapat menjaga gula darah dan cukup efektif dalam membantu mengobati diabetes tipe 2 pada tikus. Selain itu teh dari daun jambu biji juga sudah diteliti mampu menurunkan gula darah pada penderita gejala diabetes secara efektif

6. Mengobati Flu dan Batuk

Flu dan batuk jadi salah satu penyakit umum, terutama saat pergantian musim. Untuk melindungi dan mengobati flu dan batuk tersebut secara alami, bunda bisa menggunakan bahan alami seperti jambu biji.

Pada jambu biji terdapat banyak kandungan vitamin C yang baik untuk meredakan flu dan batuk. Kandungan tersebut baik untuk memecah lendir serta menghilangkan kuman dan bakteri pada tenggorokan dan saluran pernapasan.

Menariknya, manfaat ini tidak hanya didapat dari buahnya saja, tetapi juga daunnya. Keduanya sama-sama memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi beragam permasalahan seputar flu dan batuk.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Jambu biji bisa jadi salah satu makanan yang menyehatkan jantung berkat kandungan antioksdannya yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu kandungan kalium pada jambu biji juga baik untuk membantu menjaga tekanan darah, dan seratnya bisa membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah pada jantung.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Selain baik untuk jantung, jambu biji juga baik untuk menjaga kesehatan otak. Pada buah jambu biji terdapat vitamin B3 dan B6 serta kalium yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak. Hal ini membuat otak dapat bekerja efisien dan rileks, serta membantu merangsang fungsi kognitif pada otak.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Mata juga jadi organ lain yang bisa mendapatkan manfaat baik dari jambu biji. Hal ini terjadi berkat kandungan vitamin A yang menjadi nutrisi penting dalam menjaga kesehatan mata. Tidak hanya menjaga pengliharan, vitamin A juga baik untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak hingga degenerasi makula.

10. Mengatasi Jerawat

Jambu biji bisa jadi salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang terdapat pada buah tersebut.

Tidak hanya itu, kombinasi kedua efek tersebut dan vitamin K jugamembuat jambu biji efektif dalam menyamarkan flek hitam dan warna kulit yang tidak rata. Cara penggunannya pun cukup mudah karena bunda cukup mengoleskan ekstrak daun jambu biji ke area kulit wajah yang bermasalah.

11. Merawat Kulit

Jambu biji bisa jadi cara mudah bagi bunda yang ingin mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Pada jamu biji terdapat beragam vitamin dan mineral serta antioksidan yang dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini. Dengan begitu kulit tampak lebih muda dan tidak mudah keriput.

12. Menurunkan Tekanan Darah

Jambu biji mengandung antioksidan yang diklaim mampu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Putra Malaysia menemukan bahwa jambu biji terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi, meski masih butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat efek yang sama terhadap manusia.

13. Mengurangi Risiko Kanker

Satu manfaat jambu biji yang tidak kalah menarik adalah fungsinya untuk mengurangi risiko kanker. Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa baik buah, biji, maupun daun buah tersebut memiliki kandungan vitamin C, likopen, dan quercetin yang memiliki sifat antioksidan dan antikanker. Kombinasi semua zat tersebut ternyata dapat melawan sel kanker seperti kanker prostat, usus besar, hingga penyakit leukimia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama