7 Tips untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ penting yang berfungsi untuk membuang kelebihan cairan, serta menyaring racun dan kotoran dari dalam tubuh. Selain itu ginjal juga berperan penting dalam menjaga pH tubuh, kadar garam, serta membantu memproduksi hormon untuk mengatur tekanan darah.

Karena itulah, penting bagi siapapun untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk melakukannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa bantuan obat atau suplemen lainnya.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips untuk menjaga kesehatan ginjal

1. Rajin berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan saja, tapi juga untuk menjaga kesehatan organ tubuh lain seperti ginjal.

Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperkuat jantung. Keduanya dapat membantu bunda agar terhindar dari masalah penyakit ginjal.

Olahraga yang perlu dilakukan pun tidak perlu terlalu berat. Bunda cukup memperbanyak gerak dan membatasi kegiatan yang pasif seperti menonton atau main hp di kasur.

2. Minum air putih

Cara paling mudah untuk menjaga ginjal agar tetap sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Jadi tidak hanya membuat bunda tetap terhidrasi saja, manfaat air putih lainnya adalah untuk menjaga kinerja organ tubuh seperti ginjal juga.

Jumlah air putih yang bisa bunda konsumsi setiap hari berkisar antara 1,5-2 liter per hari, meski jumlah ini bisa lebih banyak bila bunda lebih aktif. Dengan jumlah air yang cukup, bunda bisa membantu ginjal untuk mengeluarkan sodium dan zat beracun dari ralam tubuh. Bunda pun bisa mencegah risiko batu ginjal dengan rutin mengkonsumsi air putih dibanding air dengan perasa lainnya.

3. Mengontrol asupan gula

Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, langkah mudah lain yang bisa bunda lakukan adalah dengan mengontrol asupan gula. Dari beberapa studi, orang dengan kadar gula darah tinggi hingga obesitas memiliki risiko penyakit ginjal yang lebih tinggi.

Jika jumlah gula yang masuk dalam tubuh terlalu banyak, akan ada banyak glukosa yang tidak dapat digunakan oleh darah. Hal ini dapat membuat ginjal bekerja ekstra ekras untuk menyaring darah. Jika terjadi terus menerus, maka kinerja ginjal akan menurun dan membuatnya bermasalah di kemudian hari.

4. Menjaga tekanan darah

Sama seperti kadar gula yang tinggi, tekanan darah tinggi juga dapat mempengaruhi kinerja ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal. Efeknya bahkan akan lebih parah bila bunda juga memiliki masalah lain seperti siabeters atau kolesterol tinggi.

Jadi pastikan bunda selalu menjaga tekanan darah agar tubuh dan organ seperti ginjal mendapatkan manfaatnya.

5. Mengatur pola makan

Makan makanan sehat untuk menjaga kesehatan ginjal


Orang yang kelebihan berat badan akan lebih rentan terhadap banyak masalah seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit ginjal. Karena itulah, bunda bisa mengatur pola makan dan menjaga berat badan bila ingin mendapatkan ginjal yang sehat.

Tidak cuma membatasi makan, bunda juga harus lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang harus dihindari untuk mendapatkan ginjal yang sehat umumnya berupa makanan yang memiliki kadar sodium, potasium, dan fosfor yang tinggi. Selain itu bunda juga perlu membatasi protein yang bila dikonsumsi berlebihan malah akan menimbulkan gangguan kesehatan pada ginjal.

6. Tidak merokok

Baik perokok aktif dan pasif sama-sama bisa memiliki risiko gangguan ginjal. Asap rokok yang terhirup dapat merusak pembuluh darah yang nantinya dapat memperlambat aliran darah dalam tubuh dan mengganggu kinerja ginjal.

Tidak hanya itu, asap rokok juga bisa menimbulkan risiko kanker pada ginjal. Dan untuk memperbaikinya akan butuh waktu lama agar ginjal kembali seperti sedia kala.

7. Batasi konsumsi obat dan suplemen

Obat-obatan NSAID seperti ibuprofen lama-kelamaan dapat merusak ginjal bila terlalu sering dikonsumsi. Karena itulah patuhi anjuran pemakaian dan sebisa mungkin hindari obat-obatan tersebut untuk gejala ringan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama