9 Makanan yang Dapat Merusak Gigi

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal penting agar Bunda bisa terus menggunakannya untuk menyantap makanan favorit Bunda. Saat gigi bermasalah, tentu makanan apapun tidak akan terasa enak saat dikunyah bukan?

Meski terlihat kuat dan kokoh, gigi juga dapat rusak akibat berbagai macam hal, salah satunya melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa zat dalam makanan sudah terbukti mampu merusak lapisan luar gigi dan membuatnya lebih mudah keropos dan berlubang.

Nah, agar Bunda tetap nyaman saat makan, berikut adalah beberapa makanan yang dapat merusak gigi dan baiknya dibatasi atau dihindari.

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

1. Gula

Makanan nomor satu yang harus Bunda hindari adalah gula. Gula memberi makan plak dan akan menyebabkan gigi berlubang. Jadi jika bunda sering mengkonsumsi makanan manis seperti roti atau permen, ada baiknya Bunda mulai menguranginya agar tidak menyebabkan gigi rusak.

2. Lemak Jenuh

Makanan terburuk berikutnya untuk gigi Bunda adalah lemak jenuh. Makanan ini sangat buruk untuk gigi jika terbuat dari mentega, daging sapi, atau keju. Namun, ketika Bunda memilih opsi rendah lemak, Bunda juga mendapatkan pengurangan jumlah kalori.

Jika Bunda memperhatikan berat badan Bunda, cobalah untuk membatasi jumlah lemak yang Bunda makan. Inilah sebabnya mengapa diet dengan pembatasan lemak menjadi populer untuk menurunkan berat badan.

3. Kopi

Kopi juga tidak baik untuk gigi Bunda. Minuman ini dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi jika Bunda minum terlalu banyak. Lagipula kopi bisa meninggalkan noda menguning pada gigi yang akan sulit hilang.

Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, minum kopi secara teratur juga bisa membuat Bunda ketagihan, yang artinya Bunda akan semakin sering menginginkannya.

Jadi pastikan Bunda menguranginya, tetapi hindari menambahkan gula terlalu banyak ke dalamnya, karena hal tersebut malah bisa memberi dampak negatif pada gigi Bunda.

4. Minuman Keras

Alkohol dan bir adalah dua makanan lain yang perlu Bunda waspadai. Kedua minuman tersebut penting dihindari untuk mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Bagi yang mengkonsumsinya, pastikan tidak minum terlalu banyak atau terlalu sering, karena dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

5. Pizza

Jika Bunda menyukai pizza, maka Bunda harus memperhatikan bahan-bahan yang Bunda masukkan ke dalam mulut melalui makanan tersebut. Pizza sangat tinggi sodium, sehingga efeknya lebih buruk daripada bir dalam hal kerusakan gigi.

Selain itu pizza juga memiliki banyak minyak dan lemak yang tidak sehat yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Jika Bunda akan memakannya, ada baiknya jika Bunda membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan segar, menambahkan sayuran, dan lebih sedikit minyak dan garam.

6. Teh

Bagi banyak orang, minum kopi adalah masalah, tetapi minum teh ternyata juga bisa memberi dampak buruk yang sama. Tidak hanya penuh dengan kafein, teh juga mengandung asam klorogenat, yang merupakan asam yang paling berbahaya.

Asam klorogenat inilah yang menyebabkan kerusakan gigi. Itulah sebabnya mengapa makan teh hijau sangat penting, karena teh tersebut mengandung antioksidan yang dapat menghentikan pembentukan asam yang merusak gigi.

7. Buah

buah kaya gula dapat menjadi makanan yang merusak kesehatan gigi

Buah mungkin bukan makanan yang Bunda sangka dapat menyebabkan kerusakan gigi. Namun ternyata, beberapa buah dengan kadar gula yang tinggi ternyata memiliki dampak yang sama seperti makanan kaya gula lainnya.

Menurut situs WebMD, buah yang kaya akan gula antara lain mangga, anggur, ceri, semangka, dan pisang.

Gula tersebut dapat terperangkap di bawah email gigi Bunda, yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Meski begitu mengkonsumsi uah secara langsung akan lebih aman dibanding meminumnya dalam bentuk jus yang sudah ditambahkan gula tambahan.

8. Permen Karet

Mengunyah sepotong permen karet adalah salah satu makanan terburuk untuk gigi Bunda. Makanan ini umumnya hadir dengan beragam bentuk dan rasa yang memang enak dikunyah saat sedang iseng.

Sayangnya permen karet mengandung asam yang cukup tinggi. Menyikat gigi seperti biasa tidak akan dapat menghilangkan keasaman tersebut secara tuntas sehingga Bunda akan lebih rentan terhadap penyakit gusi.

9. Junk Food

Makanan lain yang dapat merusak kesehatan gigi dan baiknya Bunda hindari adalah junk food. Junk Food sendiri merupakan makanan kaya kalori (gula atau lemak), namun mengandung sedikit kandungan bermanfaat seperti vitamin dan mineral.

Sebagai contoh, Pretzel diisi dengan garam, merica, dan merica penuh sodium. Nugget dan burger ayam kaya akan sodium. Sementara air soda dikemas dengan kandungan gula yang sangat tinggi.

Semua kandungan tersebut lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gusi serta menimbulkan banyak masalah kesehatan. Jadi jika Bunda ingin tubuh yang lebih sehat, hindari semua makanan junk food tersebut yah!


Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi. Karena itulah, penting bagi Bunda untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu Bunda tidak hanya kenyang, tapi juga mendapatkan manfaat dan terhindar dari risiko penyakit.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama