10 Kegiatan yang Dapat Melatih Kreativitas Anak di Rumah

Dibandingkan kebanyakan orang dewasa, anak kecil umumnya memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang luas. Makanya jangan heran jika si kecil sering muncul dengan ide-ide nyeleneh yang unik, kreatif, dan kadang membuat kita tertawa.

Kreativitas sendiri memiliki banyak manfaat untuk anak, mulai dari melatihnya untuk memanfaatkan barang-barang di sekitarnya, menuangkan ide di kepalanya, hingga melatih anak untuk lebih mandiri.

Bunda pun bisa lho melatih kreativitas anak melalui beberapa kegiatan di rumah, seperti beberapa contoh berikut ini.

Aktivitas untuk Melatih Kreativitas Anak

1. Menghias Masakan

Membuat dan menghias masakan jadi aktivitas yang dapat melatih kreativitas anak

Bila Bunda gemar memasak kue atau cookies, Bunda bisa membantu melatih kreativitas anak dengan memintanya untuk membantu Bunda membuat dan menghias makanan.

Jika si kecil sudah cukup besar, Bunda bisa mengajari mereka beberapa resep sederhana. Bunda bisa mulai dari memperkenalkan bahan, mencampurnya, hingga memasukannya ke dalam oven.

Namun jika usia anak masih terlalu kecil, Bunda bisa meminta mereka untuk menghias kue atau cookies yang sudah jadi dengan krim pewarna makanan. Bebaskan mereka untuk membuat kreasi apapun sesuai dengan imajinasi mereka.

2. Mengubah Jalan Cerita

Jika Bunda sering membacakan cerita atau dongeng pada anak, si kecil mungkin akan hapal beberapa cerita tersebut. Dengan memberikan sedikit twist, Bunda bisa menggunakan kegiatan ini untuk melatih kreativitasnya.

Salah satu caranya adalah dengan membuat anak menceritakan kembali kisah yang pernah mereka baca. Bedanya, coba minta si kecil untuk memberikan ending yang berbeda agar cerita tersebut menjadi lebih unik dan menarik.

Selain merangsang kreativitasnya, hal ini juga bisa melatih kemampuan anak dalam berbahasa serta bercerita, dan memberi mereka kesempatan untuk membuat cerita lucu yang mungkin akan jadi kenangan manis Bunda bersama si kecil.

3. Bermain Bayangan

Cara mudah lainnya untuk melatih kreativitas anak di rumah adalah dengan bermain bayangan. Bunda hanya perlu menggelapkan ruangan dan menyalakan senter agar bisa membuat bayangan.

Setelah itu Bunda bisa mengajari anak untuk membuat beberapa bayangan mudah berbentuk hewan dan lainnya. Setelah itu Bunda juga bisa meminta si kecil untuk membuat bayangan unik mereka sendiri.

4. Membuat Kemah

Kegiatan yang dapat melatih kreativitas anak ini akan cocok dimainkan di musim hujan saat cuaca sedang cukup dingin. Bunda bisa mengajak si kecil untuk membuat kemah, benteng, atau rumah-rumahan mereka sendiri menggunakan perabotan yang ada di rumah seperi kursi dan selimut. Bunda pun bisa mengajak si kecil untuk menghias benteng/rumah tersebut menggunakan mainan yang mereka miliki.

5. Menyanyi dan Bermain Musik

Menyanyi dan bermain musik juga bisa jadi kegiatan mudah lain yang dapat merangsang kreativitas anak. Tidak perlu peralatan sungguhan, Bunda bisa menggunakan mainan anak atau perabotan di rumah untuk membentuk band musik Bunda sendiri.

Agar lebih menarik, Bunda bisa meminta si kecil untuk menyanyikan lagu anak populer dengan lirik mereka sendiri. berikan juga poin plus bila si kecil bisa menyanyikannya sambil membuat tarian yang lucu.

6. Bermain Peran

Bermain peran dapat mengembangkan imajinasi dan melatih kreativitas anak

Permainan klasik seperti bermain peran juga jadi salah satu kegiatan yang baik untuk merangsang kretivitas anak. Dengan permainan ini, Bunda dan si kecil bisa mencoba berbagai profesi dan memerankan orang lain sekreatif mungkin. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa bermain peran bersama anak menggunakan boneka yang dimiliki si kecil.

Tidak hanya mengembangkan imanjinasi dan melatih kretivitasnya, bermain peran juga bisa membantu anak untuk melatih kemampuan bersosialnya saat bermain bersama temannya nanti.

7. Fashion Show

Membuat fashion show sendiri di rumah bisa jadi kegiatan lain yang cukup seru untuk dilakukan. Tidak perlu membongkar lemari pakaian, Bunda bisa membuat fashion sendiri menggunakan bahan-bahan seperti kantung plastik, kertas, karton, atau keranjang belanja.

Bunda bisa meminta anak untuk membuat kostum sekeren mungkin menggunakan bahan-bahan tersebut serta menghiasnya dengan aksesoris buatan mereka sendiri. Biarkan imajinasi anak memainkan perannya dan lihat apa yang bisa dilakukan si kecil dengan kreativitas mereka masing-masing.

8. Memainkan Games 'What If'

Sekilas game 'What If' terlihat sepele, namun hal ini bisa memicu krativitas anak saat dihadapkan pada situasi yang tidak normal.

Untuk memainkannya, Bunda bisa membuat skenario lucu yang mungkin tidak akan pernah terjadi di dunia nyata. Misalnya, "Bagaimana jika gajah berukuran kecil?", "Apa yang terjadi jika harimau bisa terbang", atau "Apa yang akan diucapkan kucing jika ia bisa berbicara?" dan masih banyak lagi.

9. Menebak Bentuk Awan

Bila Bunda sedang berada di luar rumah atau sedang dalam perjalanan, menebak bentuk awan bisa jadi games menarik yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil. Yang perlu Bunda lakukan adalah memilih awan yang memiliki bentuk menarik dan biarkan si kecil coba menebak bentuk yang mirip dengan awan tersebut.

10. Menggambar dan Melukis

Menggambar dan melukis juga bisa jadi kegiatan lain yang dikenal baik dalam melatih kreativitas anak. Keduanya pun bisa jadi hobi baru bagi si kecil dan mungkin bisa membantunya mengatasi kecanduan gadget.


Itulah dia beberapa kegiatan yang bisa melatih kreativitas anak di rumah. Satu poin penting, kegiatan tersebut umumnya tetap butuh pendamping agar kreativitas anak dapat terarahkan dengan baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama