6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap untuk Anak

Mematikan lampu sebelum tidur jadi kebiasaan yang dilakukan oleh banyak keluarga. Namun masih ada juga mereka yang masih belum melakukannya. Padahal selain hemat listrik, tidur dalam keadaan gelap juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk anak dan keluarga Bunda.

Nah, buat Bunda yang masih tidur dalam keadaan terang, simak dulu yuk manfaat tidur dalam keadaan gelap untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat tidur dalam keadaan gelap untuk kesehatan anak

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Manfaat pertama tidur dalam keadaan gelap adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Hal ini sendiri diamini oleh seorang ahli biologi bernama Joan Robert, yang mengatakan bahwa tidur dalam keadaan gelap akan sangat membantu tubuh memproduksi hormon melatonin.

Hormon melatonin sendiri merupakan salah satu hormon yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Menyalakan lampu saat tidur malah akan menghambat produksi hormon tersebut lho!

2. Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Manfaat tidur dalam keadaan gelap yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan kualitas tidur si kecil.

Saat tidur dalam keadaan lampu menyala, tubuh akan tetap aktif karena sinar dari lampu tetap dapat merangsang otak. Meski mata sudah terpejam, cahaya tetap dapat mempenetrasi kelopak mata dan menyebabkan otak tetap aktif untuk memberikan respon terhadap cahaya tersebut.

Dengan mematikan lampu, kita bisa meminimalisir aktivitas otak tersebut dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

3. Membuat Anak Lebih Rileks

Melanjut poin sebelumnya, tidur dalam keadaan gelap akan membuat tubuh dapat beristirahat secara maksimal. Hal ini ternyata dapat membantu anak dan Bunda untuk lebih menenangkan jiwa.

Pada anak, tidur dalam keadaan gelap dapat membuat mereka rileks dan memperbaiki mood serta mengurangi rewel. Pada orang dewasa, tidur dalam keadaan gelap bahkan diklaim mampu mengurangi rasa depresi.

4. Memaksimalkan Proses Detoksifikasi Tubuh

Pada saat tidur, tubuh akan melakukan detoksifikasi dan mengeluarkan racun yang menumpuk pada tubuh di siang harinya.

Proses detoksifikasi ini akan berjalan maksimal pada saat Bunda dan si kecil tertidur lelap, terutama pada waktu malam menjelang pagi hari. Jadi untuk mendapatkan hasil terbaik, kualitas tidur yang Bunda dapat akan mempengaruhi hasil detoksifikasi tubuh.

5. Memudahkan Anak untuk Cepat Tertidur

Hal ini berhubungan dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Meski hari sudah malam, tubuh akan merasa seperti berada di siang hari ketika kamar masih berada dalam situasi terang.

Mematikan lampu kamar sebelum tidur akan membuat suasana menjadi lebih gelap dan memberi petunjuk bagi tubuh untuk segera beristirahat.

Alhasil, anak pun dapat tertidur lebih cepat saat tidur dalam kondisi gelap.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat tidur dalam keadaan gelap yang mungkin tidak Bunda sangka adalah untuk mengurangi risiko penyakit kanker.

Dari sebuah penelitian di Inggris, adanya sumber cahaya pada saat tidur akan memicu aktivitas dan respon berlebih pada sel yang dapat memicu pembentukan sel kanker.

Dari sebuah penelitian lain bahkan ditemukan bahwa orang dapat terjangkit kanker jika terlalu lama terbiasa tidur dengan kondisi lampu menyala saat tidur di malam hari. Tidak cuma itu, studi tersebut juga menyatakan bahwa anak yang tidur dengan lampu menyala terang lebih beresiko terjangkit leukemia.


Nah, itu dia beberapa manfaat tidur dalam keadaan gelap untuk anak dan Bunda. Selain membuat anak lebih cepat tertidur, tidur dalam gelap juga baik untuk kesehatan tubuhnya lho!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama