9 Cara agar Bunda Tetap Aktif Bergerak dan Berolahraga

Rasanya setiap orang sudah pasti tahu manfaat besar dari olahraga, terutama untuk kesehatan. Sayangnya tidak semua orang mau melakukannya, dan mungkin lebih memilih menonton televisi atau Youtube agar tidak perlu merasa capek.

Padahal tubuh yang tidak atau jarang bergerak akan membawa masalah di kemudian hari. Lagipula olahraga tidak perlu dilakukan dengan cara keluar rumah atau pergi ke gym. Bunda bisa melakukan banyak hal di rumah, selama hal tersebut bisa membuat Bunda berkeringat.

Nah, mumpung Bunda belum merasakan gejalanya, yuk tambah pori olahraga Bunda di rumah dengan beberapa cara mudah berikut ini.

1. Perbanyak Jalan Kaki

Berjalan kaki jadi salah satu bentuk olahraga yang mudah dan menyenangkan. Jika Bunda belum terbiasa untuk lari atau jogging, jalan kaki jadi permulaan yang pas sampai tubuh terbiasa bergerak dan berolahraga.

Perbanyak jalan kaki untuk menambah porsi olahraga Bunda di rumah

Cara melakukannya sendiri cukup mudah. Bunda pun tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk melakukan aktivitas ini. Sebagai contoh, Bunda bisa memperbanyak jalan kaki saat pergi ke pasar, minimarket, atau mengantar anak bersekolah. Selain itu juga bisa memperbanyak jalan kaki saat mengajak hewan peliharaan Bunda pergi ke luar rumah.

2. Membuat Gym Sendiri di Rumah

Jika Bunda memiliki modal dan ruangan yang tidak terpakai, membuat gym sendiri bisa jadi cara Bunda agar termotivasi untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga. Selain itu Bunda bisa terhindar dari rasa malas pergi ke gym, atau bahkan menghemat pengeluaran Bunda dalam jangka panjang.

Peralatan gym rumahan yang dibutuhkan sendiri tidak perlu selengkap gym-gym yang biasa Bunda kunjungi. Jika ingin murah meriah, Bunda bisa membeli yoga mat berkulitas untuk melakukan yoga, pilates, atau weight exercises yang memanfaatkan berat badan Bunda sendiri.

Bila ingin berinvestasi pada alat lainnya, Bunda bisa mulai dengan dumbell atau barbel khusus perempuan, alat bantu sit-up, atau resistance band. Jika ada modal lebih, tidak ada salahnya juga untuk memiliki peralatan yang dapat membantu bunda melakukan latihan cardio seperti static bike atau treadmill.

3. Bike to Work

Menaiki sepeda jadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak tampak seperti olahraga. Padahal aktivitas ini merupakan salah satu olahraga yang paling banyak membakar kalori dan bisa membantu Bunda untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Salah satu cara untuk bisa bersepeda adalah dengan kegiatan bike to work. Bila tempat kerja Bunda tidak berada jauh dari rumah, kegiatan ini patut Bunda pertimbangkan bila ingin mendapatkan hidup yang lebih sehat atau menurunkan berat badan.

4. Manfaatkan Event Car Free Day

Hari libur biasanya jadi waktu yang banyak dimanfaatkan untuk beristirahat di rumahj, apalagi bila Bunda bekerja di hari-hari sebelumnya. Padahal dibanding diam saja di rumah, keluar dan menghidup udara segar sambil berolahraga bisa jadi cara yang pas untuk mengembalikan energi Bunda.

Salah satu event yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah car free day yang kini banyak diadakan di kota-kota besar di Indonesia. Di sini Bunda bisa berolahraga di tempat umum yang luas dan bebas dari asap kendaraan bermotor.

5. Bersih-Bersih di Rumah dan Halaman

Cara paling mudah untuk lebih banyak bergerak dan aktif di rumah adalah dengan rajin bersih-bersih rumah dan halaman Bunda. Tidak hanya membuat Bunda berkeringat, kegiatan ini juga membuat rumah Bunda lebih nyaman untuk ditempati dan menghindarkan anggota keluarga di rumah dari kuman dan kotoran yang dapat menggangu kesehatan mereka.

6. Bermain Bersama Anak

Anak umumnya memiliki energi yang sangat luar biasa. Bila Bunda sudah memiliki anak, bermain bersama mereka jadi kegiatan yang pas untuk lebih banyak bergerak dan menjadi aktif. Tidak hanya jadi aktivitas yang pas untuk menambah porsi olahraga, menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak juga bisa jadi bonding time yang akan sangat berharga untuk mereka.

7. Bermain Game

Jika anak Bunda suka bermain game, ada juga lho permainan konsol yang bisa dimanfaatkan untuk bergerak dan berolahraga. Konsol game seperti Playstation 4 & 5 atau Nintendo Switch memiliki beberapa permainan yang mengharuskan pemainnya untuk bergerak.

Berolahraga dengan cara main game

Sebagai contoh, game Just Dance yang ada di ketiga konsol di atas mengharuskan Bunda untuk berdansa mengikuti irama dan tombol yang muncul pada permainan. Game ini bahka punya fitur sweat mode yang bisa memberikan bunda lagu dengn intensitas tinggi yang mampu membakar lebih banyak kalori.

8. Berkebun

Meski tidak tampak seperti kegiatan yang membebankan fisik Bunda, berkebun juga bisa cukup melelahkan dan membuat Bunda lebih banyak bergerak.

Jika Bunda memiliki halaman kosong yang cukup, Bunda bisa memulai hobi baru dengan menanamnya dengan beberapa tanaman seperit tanaman hias, tanaman obat, atau bahkan sayuran hidroponik.

Tidak hanya membuat Bunda lebih aktif, berkebun juga bisa jadi kegiatan positif yang baik untuk kesehatan fisik dan mental Bunda. Bunda pun bisa memetik hasil dari aktivitas berkebun Bunda.

9. Mengikuti Klub Olahraga

Jika Bunda menggeluti olahraga tertentu sebelumnya, tidak ada salahnya bila Bunda mengikuti kegiatan tersebut kembali dengan mengikuti klub olahraga.

Tidak perlu masuk ke klub olahraga profesional, Bunda bisa memilih untuk masuk ke dalam klub olahraga yang lebih santai untuk sekadar hobi saja. Apalagi kini ada banyak perkumpulan olahraga yang dibuat khusus untuk gender dan usia tertentu. Jadi Bunda pun bisa lebih aktif bergerak sambil bersosialisasi dengan orang lain yang memiliki hobi olahraga yang sama.


Bagaimana, mudah kan cara menambah porsi olahraga sendiri di rumah. Bila Bunda hanya sekadar ingin berkeringat, berjalankaki bisa jadi pilihan yang pas. Namun bila bunda memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuat home gym agar semua anggota keluarga di rumah juga termotivasi untuk lebih aktif bergerak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama