10+ Cara Menurunkan Berat Badan untuk Wanita

Menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal pastinya jadi idaman semua orang, apalagi untuk kaum wanita. Dengan tubuh yang ideal, Bunda akan lebih mudah untuk melakukan berbagai aktivitas, serta tampak anggun dalam berbagai balutan busana.

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana caranya mengurangi berat badan. Padahal ada beberapa cara mudah yang bisa Bunda lakukan seperti beberapa contoh berikut ini.

Tips Mudah untuk Menurunkan Berat Badan

1. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan jadi salah satu solusi cepat untuk mempersiapkan makanan untuk keluarga. Tapi tahu gak sih Bun kalau makanan olahan umumnya memiliki lebih banyak gula, lemak, kalori, serta bahan pengawet yang tentunya tidak sehat bila dikonsumsi berlebihan.

Hindari makanan olahan dan junk food untuk menurunkan berat badan dengan mudah

Tidak cuma itu saja, makanan olahan juga umumnya memiliki tambahan perasa yang diteliti dapat menyebabkan ketagihan. Jadi tidak sekadar menghilangkan rasa lapar, kemungkinan besar Bunda malah akan makan lebih banyak saat mengkonsumsi makanan olahan.

2. Mengganti Camilan dengan Opsi yang Lebih Sehat

Camilan jadi salah satu penyebab utama kenapa berat badan tubuh kita bertambah. Apalagi bila Bunda sering nyemil di malam hari sebelum tidur.

Agar bunda tidak menambah jumlah kalori dalam jumlah banyak saat makan camilan, Bunda bisa mengganti camilan yang biasa Bunda makan dengan opsi lain yang lebih sehat. Jadi bila sebelumnya Bunda sering makan gorengan, kue, atau jajanan kriuk sebagai camilan, Bunda bisa menggantinya dengan buah, yogurt (plain), atau telur dan sayuran rebus.

3. Kurangi Asupan Gula

Ada bukti-bukti kuat yang menunjukan bahwa gula adalah salah satu penyebab utama bertambahnya berat badan. Makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi umumnya memiliki jumlah kalori yang tinggi pula. Bahkan jika Bunda rajin berolahraga, berat badan bisa tetap bertambah bila Bunda mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan.

Tidak cuma itu, gula umumnya tidak dapat membuat Bunda kenyang lebih lama. Hal ini bisa membuat Bunda akan lebih sering mengkonsumsi makanan untuk menahan rasa lapar Bunda.

Untuk mengurangi konsumsi gula, Bunda bisa menghindari makanan olahan, menggunakan produk alternatif gula, sampai lebih banyak makan makanan berserat tinggi.

4. Mengkonsumsi Lebih Banyak Protein

Diet dengan mengkonsumsi lebih banyak protein jadi salah satu cara menurunkan berat badan yang banyak dilakukan dan memiliki hasil yang cukup baik. Caranya sendiri cukup mudah karena Bunda hanya perlu mengganti asupan karbohidrat dengan menu lain yang mengandung lebih banyak protein.

Diet ini sendiri cukup efektif karena sepiring porsi makanan berprotein tinggi memiliki kalori yang lebih rendah dibanding seporsi makanan pada umumnya.

Selain itu ada keunikan tersendiri ketika Bunda melakukan diet ini, karena tubuh mampu membakar lebih banyak kalori ketika mencerna dan memetabolasi protein.

Salah satu makanan berprotein tinggi yang bisa bunda konsumsi adalah telur. Selain itu makanan ini juga mengandung banyak nutrisi baik lain dan bisa ditemukan dengan mudah di mana-mana.

5. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Sebelumnya perlu diketahui bahwa karbo bukanlah penyebab utama kenapa kita bisa bertambah gemuk. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, mengkonsumsi karbohidrat seperti biasa tidak akan membuat berat badan bertambah selama Bunda menjaga jumlah kalorinya.

Meski begitu perlu diketahui juga kalau kebanyakan makanan berkarbohidrat tinggi juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal ini membuat Bunda akan membuat Bunda lebih cepat merasa lapar dan mengkonsumsi lebih banyak makanan.

Bila Bunda ingin mengkonsumsi karbohidrat dengan aman, hindari makanan dengan karbohidrat sederhana seperti minuman ringan, soda, manisan, kue, dsb. Pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna seperti oat, pasta, gandum, beras merah, atau whole grains.

6. Minum Lebih Banyak Air Putih

Dibandingkan kebanyakan minuman lainnya, air putih adalah salah satu minuman paling menyehatkan. Tidak hanya itu, air putih pun mudah ditemukan dan tidak perlu harga mahal.

Minum lebih banyak air putih untuk membantu menurunkan berat badan

Meski terlihat biasa saja, air putih memiliki banyak manfaat mulai dari mencegah dehidrasi, melumasi sendi, sampai menjaga kesehatan kulit. Selain itu mengkonsumsi air putih sebelum makan bisa mengisi perut agar Bunda tidak makan terlalu banyak.

7. Mengkonsumsi Kopi atau Teh Hijau

Kopi dan teh hijau sama-sama menjadi minuman sehat yang cocok dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung antioksidan tinggi, keduanya juga baik untuk membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak serta kalori dalam tubuh.

Namun untuk mendapatkan khasiatnya secara penuh, konsumsi teh hijau dan kopi baiknya dilakukan tanpa menambahkan pemanis yah Bun!

8. Mengkonsumsi Lebih Banyak Serat

Serat tak larut dapat jadi kunci bagi Bunda yang ingin menurunkan berat badan. Serat semacam ini bisa Bunda temukan pada banyak sayuran hijau, kentang manus, buah-buahan seperti jeruk, oatmeal, atau chia seeds.

Adanya serat ini dipercaya dapat menekan jumlah kalori yang masuk dengan dua cara. Pertama, serat tersebut dapat mempengaruhi hormon grehlin yang berhubungan dengan rasa lapar. Selain itu seart juga bisa memperlambat pergerakan makanan dalam saluran pencernaan sehingga insulin bekerja dengan lebih optimal dan membuat Bunda tidak mudah merasa lapar.

9. Berpuasa

Cara yang sebenarnya cukup mudah untuk mengontrol berat badan adalah dengan membatasi jumlah kalori yang masuk. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan berpuasa.

Dengan berpuasa, kita bisa mengkonsumsi lebih sedikit makanan dan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Yang penting, jangan kalap saat berbuka dan malah makan dalam porsi yang lebih besar.

Bila Bunda tidak berpuasa, cara yang hampir mirip adalah dengan melakukan intermittent fasting. Keduanya sama-sama dilakukan dengan tidak makan selama beberapa waktu, meski pada intermittent fasting Bunda masih boleh minum air putih.

Untuk caranya sendiri sebenarnya ada sedikit perbedaan, seperti pada contoh beberapa metode intermittent fasting yangpopuler berikut ini.

  • Metode 5:2 - Dengancara ini, Bunda hanya perlu mengurangi makanan hingga 25% dari porsi biasa. Hal ini dapat Bunda lakukan 2 kali seminggu, dan Bunda bebas untuk mengkonsumsi makanan seperti biasa di 5 hari lainnya.
  • Metode 16/8 - Mirip dengan puasa, Bunda hanya bisa makan di 8 jam saja, sedangkan 16 jam sisanya tidak boleh. Sebagai contoh, Bunda bisa makan dari pagi hingga siang, namun tidak boleh makan apapun sampai keesokan harinya.
  • Metode Eat-Stop-Eat - Hal ini dilakukan dengan cara tidak makan apapun kecuali minum air putih selama 24 jam selama beberapa hari dalam seminggu. Bagi yang belum terbiasa, Bunda bisa melakukannya secara bertahap terlebih dahulu agar tidak terasa berat.

10. Makan Lebih Perlahan

Menurut salah satu jurnal di National Library of Medicine, makan terlalu cepat dapat membuat tubuh kita mengkonsumsi lebih banyak makanan dibanding seharusnya. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang yang makan lebih cepat memiliki kecenderungan obesitas yang lebih tinggi pula.

Jadi jika Bunda termasuk orang yang makan dengan cepat, ada baiknya jika Bunda makan lebih perlahan agar Bunda bisa menjaga nafsu makan dan tidak mengkonsumsi lebih banyak makanan.

11. Mencukupi Kebutuhan Tidur

Sekilas hal ini tidak ada hubungannya dengan berat badan, namun sebuah penelitian justru menemukan korelasi antara kurangnya waktu tidur dengan masalah berat badan.

Cukupi tidur untuk mengontrol nafsu makan yang membuat berat badan bertambah

Orang yang kesulitan untuk tidur atau kelebihan tidur umumnya memiliki nafsu makan yang turun naik. Hal ini terjadi karena produksi hormon yang mengontrol nafsu makan akan ikut terganggu.

Mencukupi kebutuhan tidur dan beristirahat dalam jadwal yang tetap akan membuat Bunda lebih sehat dan memiliki nafsu makan yang lebih terkontrol.

12. Perbanyak Olahraga

Kunci lain yang tidak kalah penting bila Bunda ingin menurunkan berat badan adalah dengan lebih aktif atau berolahraga secara rutin.

Dengan lebih banyak bergerak, Bunda bisa membakar lebih banyak kalori, atau bahkan menyingkirkan lemak-lemak yang mengumpul dalam tubuh.

Tidak hanya baik untuk memangkas berat badan, berolahraga juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga ada baiknya bila Bunda menyisihkan waktu untuk melakukannya.

Bila Bunda memiliki banyak keterbatasan, Bunda bisa memperbanyak aktivitas fisik seperti beres-beres rumah, berjalan kaki, berkebun, dan berbagai aktivitas rumahan lainnya.


Menurunkan berat badan untuk wanita sebenarnya bisa dilakukan dengan cara mudah. Selama Bunda mampu mengurangi jumlah kalori harian, mencapai berat badan ideal bukan lagi impian semata.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah masalah konsistensi. Jadi jangan sampai menyerah di tengah jalan yah Bun!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama