10 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Stres

Stres jadi salah satu hal yang akan sangat sulit dihindari pada kehidupan manusia modern. Masalah kesehatan mental ini sendiri bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari kesulitan ekonomi, masalah pekerjaan, kesehatan yang buruk, sampai masalah keluarga.

Agar tidak membuat hidup makin buruk, stres harus dilawan dengan hal-hal yang positif. Selain itu Bunda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang terbukti ampuh dalam membantu melawan stres.

Dari sebuah penelitian, beberapa nutrisi memiliki pengaruh besar terhadap emosi, motivasi, dan mood seseorang. Dalam penelitian lain pun disebutkan kalau bakteri baik dalam saluran pencernaan tidak hanya mempengaruhi kesehatan seseorang, tapi juga keadaan mentalnya.

Nah, jika Bunda sedang mencari rekomendasi makanan yang dapat membantu mengatasi stres, beberapa makanan dan minuman berikut bisa jadi pilihan Bunda.

Makanan yang dapat membantu mengatasi stres

1. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau terutama Bayam, memiliki banyak folat dan ini membantu membuat dopamin yang diperlukan untuk meningkatkan memori dan suasana hati Bunda.

Orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung kadar folat tinggi memiliki peluang lebih rendah untuk mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin B yang lebih rendah.

Penting juga untuk diketahui bahwa individu yang tidak mendapatkan cukup magnesium cenderung mengalami sakit kepala dan kelelahan. yang tampaknya mengarah pada tingkat stres yang lebih tinggi. Namun, makan hanya satu cangkir bayam dapat membantu Bunda mengembalikan kadar magnesium dalam tubuh.

2. Blueberry dan Blackberry

Pigmen yang dikenal sebagai Anthocyanin memberi blueberry dan blackberry warna mereka yang khas. Sama seperti buah berry lainnya, kedua buah-buahan ini juga kaya akan antioksidan yang membantu otak Bunda memproduksi dopamin, yang diperlukan untuk koordinasi, mengarahkan suasana hati, dan meningkatkan memori Bunda.

Tidak cuma itu, mengkonsumsi blackberry atau blueberry dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih yang membantu menetralkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh Bunda.

3. Alpukat

Alpukat adalah salah satu suiperfoods yang memiliki khasiat yang luar biasa. Di dalamnya terdapat hampir 20 nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan Bunda. Beberapa manfaat alpukat yang cukup populer antara lain untuk menyehatkan mata, mengontrol tekanan darah, menyehatkan saluran pencernaan, hingga jadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Dalam satu buah alpukat, Bunda bisa mendapatkan beberapa nutrisi penting seperti potasium, folat, Vitamin B, dan Vitamin E. Karena alpukat membantu menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah Bunda dan membuat Bunda tetap kenyang, alpukat juga dapat membantu mengurangi tingkat stres.

4. Almond

Almond sarat dengan antioksidan dan Vitamin E yang meningkatkan daya kekebalan Bunda. Selain itu kombinasi dengan Vitamin B di dalamnya juga dapat membantu Bunda untuk mencegah dan mengatasi depresi. Tidak cuma itu saja, almond pun kaya akan nutrisi lainnya sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.

5. Ikan Salmon

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk menjaga Bunda tetap sehat secara emosional. Ikan seperti salmon, teri, dan sarden merupakan sumber asam lemak yang baik. Omega 3 dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan Bunda dan bekerja dengan baik dalam mengurangi depresi sebagai anti-depresan alami, tanpa adanya efek samping yang tidak diinginkan.

6. Teh chamomile

Tidak diragukan lagi, minuman ini adalah salah satu penenang sebelum tidur yang paling direkomendasikan. Sekarang ada lebih banyak bukti bahwa chamomile mampu memberikan efek yang menenangkan.

Teh Chamomile terbukti efektif sebagai obat stres alami

Menurut sebuah penelitian di University of Pennsylvania, teh chamomile menyebabkan penurunan gejala kecemasan yang signifikan. Ada beberapa bukti bahwa teh Chamomile sangat membantu dalam menenangkan saraf. Makanya teh chamomile sering dianjutkan bagi Bunda yang ingin memperbaiki kualitas tidur dan mengobati insomnia.

7. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang luar biasa yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap bekerja secara optimal. Namun di luar itu, kandungan tersebut juga baik untuk menurunkan tingkat hormon stres Bunda.

Satu studi menunjukkan bahwa Individu dengan tekanan darah tinggi dan tingkat tinggi hormon stres kortisol kembali normal lebih cepat ketika mereka mengkonsumsi Vitamin C. Selain jeruk, Bunda juga bisa mendapatkan vitamin C dari makanan lain seperti brokoli, stroberi, pepaya, atau cabai.

8. Kacang mete

Rendahnya tingkat seng (zinc) adalah salah satu alasan untuk kecemasan dan depresi. Karena tubuh kita tidak dapat menyimpan seng, jadi sangat penting untuk mendapatkannya dari makanan setiap hari.

Nah, salah satu makanan sumber seng yang bisa Bunda konsumsi adalah kacang mete. Untuk memakannya, Bunda bisa menggorengnya dengan sedikit mentega dan mencampurkan sedikit garam ke dalamnya dan makan sebagai Camilan atau membuat makanan menggunakan kacang tersebut sebagai bahan baku.

9. Pisang

Pisang mengandung tryptophan (Sejenis protein) yang dapat diubah tubuh menjadi serotonin di otak. Serotonin sendiri merupakan hormon yang dapat membantu Bunda rileks, meningkatkan suasana hati dan membuat Bunda merasa lebih bahagia. Menurut sebuah survei, individu yang menghadapi depresi merasa jauh lebih baik setelah makan pisang.

10. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya membaut makanan menjadi terasa lebih nikmat saja, karena di dalamnya juga terdapat nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebagai contoh, bawang putih mengandung banyak antioksidan kuat, yang dapat menetralisir radikal bebas (elemen yang membahayakan sel-sel kita, menyebabkan penyakit) dan dapat mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan akibat radikal bebas dari waktu ke waktu.

Selain itu bawang putih juga memiliki senyawa allicin, yang banyak dikaitkan dengan salah satu obat potensial untuk kanker dan penyakit koroner. Karena stres melemahkan kekuatan kekebalan kita, kita membutuhkan antioksidan seperti bawang putih, yang dapat menguatkannya kembali. Jadi sertakan makanan yang luar biasa ini dalam makanan Bunda dan nikmati manfaatnya!


Mengendalikan stres jadi salah satu kunci untuk memiliki hidup yang lebih sehat dan positif. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan banyak hal, seperti mengkonsumsi makanan yang dapat membantu kita mengatasi rasa stres. Namun jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu Bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama