10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Delima umumnya diklasifikasikan sebagai makanan super karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Buah ini sendiri merupakan salah satu buah tertua yang telah dikonsumsi selama ribuan dan bahkan sudah ada sejak zaman nabi.

Karena manfaatnya yang luar biasa, buah delima sering kali menjadi simbol yang melambangkan harapan dan kekayaan di beberapa budaya. Dalam sebuah hadits bahkan pernah disebutkan bahwa delima menjadi salah satu buah surga dan menjadi favorit Nabi Muhammad SAW.

Cukup sulit untuk tidak jatuh cinta dengan buah delima. Ada beberapa alasan yang membuat buah delima disukai. Berikut adalah beberapa manfaat delima terbaik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat buah delima untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Delima

Bagian dari buah delima yang bisa dkonsumsi adalah bagian dalamnya yang disebut arils. Daging buah yang berwarna kemerahan tersebut memiliki kalori yang rendah dan lemak, namun kaya akan vitamin, mineral, protein, serta serat.

Secara umum, 1 buah delima (282 g) memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 234
  • Karbohidrat: 52 g
  • Protein: 4.7 g
  • Lemak: 3.3 g
  • Gula: 38.6 g
  • Serat: 11.3 g
  • Kalsium: 28.2 mg
  • Zat Besi: 0.85 mg
  • Magnesium: 33.8 mg
  • Potasium: 666 mg

Selain itu buah delima juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B6, E, dan K.

Manfaat Buah Delima

1. Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh dalam mengatasi infeksi atau penyakit lainnya. Namun hal ini juga menimbulkan masalah kesehatan karena peradangan akan terasa sakit bagi penderitanya. Pada beberapa kasus, peradangan bahkan bisa menyebabkan masalah yang lebih berbahaya.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengkonsumsi buah delima untuk mengobati peradangan secara alami. Buah delima sendiri mengandung senyawa bernama punicalagins yang terbukti memiliki sifat antikoksidan dan antiinflamasi yang baik dalam melawan peradangan dan menangkal bahaya radikal bebas.

2. Menyehatkan Jantung

Delima sarat dengan zat yang dikenal sebagai polifenol. Zat ini merupakan anti oksidan yang sangat kuat yang bekerja dengan cara mencegah kerusakan radikal pada dinding arteri. Hal ini membuat delima mampu memberikan perlindungan kardiovaskular.

Kolesterol biasanya merupakan penyebab nomor satu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Delima sebagai antioksidan mencegah oksidasi kolesterol yang biasanya menyebabkan pembentukan penyakit arteri koroner. Maka tidak heran jika delima jadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung yah Bun!

3. Membantu Melawan Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum segelas jus delima setiap hari secara signifikan dapat memperlambat perkembangan kanker prostat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Technion Institute of Technology di Israel jelas menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam jus delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis (kematian sel) kanker.

Selain kanker prostat, manfaat delima bagi kesehatan lainnya adalah untuk mencegah kanker payudara, kanker paru hingga kanker kulit.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah delima kaya akan senyawa anti-inflamasi yang sangat berguna bagi mereka yang menderita gangguan terkait kekebalan tubuh. Gangguan tersebut dapat mencakup arthritis, osteoarthritis dan rheumatoid.

Senyawa anti-inflamasi dalam buah delima memiliki kemampuan menambah produksi antibodi yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

5. Solusi Alami untuk Masalah Plak Gigi

Delima menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasi masalah plak. Buah biasanya merupakan pilihan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan mulut, tidak seperti obat kumur dari apotek yang mengandung alkohol. Delima memiliki ekstrak hidrolik yang bekerja sempurna dalam menurunkan pembentukan plak gigi.

6. Menurunkan Tingkat Stres

Apakah Bunda biasanya menghadapi tekanan psikologis yang muncul dari tekanan hidup sehari-hari? Kalau begitu delima adalah buah yang harus Bunda konsumsi.

Buah ini memiliki kemampuan menurunkan kortisol, yang merupakan hormon yang berhubungan dengan stres. Hormon ini biasanya akan meningkat dalam kondisi stres. Pasien yang menderita situasi yang sangat stres dapat menggunakan buah untuk menenangkan mereka dengan lebih baik.

7. Menyehatkan Kulit

Jika Bunda mendambakan tampilan yang awet muda dan bebas dari kerutan dan tanda penuaan lainnya, maka mulailah mengonsumsi buah delima.

Senyawa polifenol kuat dalam buah delima memiliki kemampuan menunda proses penuaan. Jus delima organik memiliki efek pelembab pada kulit. Jusnya memiliki kemampuan menembus jauh ke dalam kulit sambil melembabkan kulit dengan fitokimia dan mikronutrien.

Biji buah delima bahkan memiliki efek yang tidak kalah baiknya. Bunda bisa menghancurkan biji tersebut untuk digunakan sebagai obat yang sangat baik untuk mengupas sel-sel mati yang biasanya ada di kulit.

8. Meningkatkan Libido

Sejak zaman kuno, buah delima telah dianggap sebagai simbol kesuburan. Ini karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar testosteron pada wanita dan pria.

Buahnya berfungsi sebagai afrodisiak hebat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan seks seseorang. Delima juga mengandung senyawa tertentu yang sangat mirip dengan beberapa steroid seks yang ditemukan dalam tubuh manusia. Maka tidak heran bila buah delima mampu meningkatkan stamina dan libido seseorang.

9. Mengatasi Alzheimer

Dapatkah Bunda membayangkan melupakan hal-hal terpenting dalam hidup Bunda seperti di mana Bunda tinggal, siapa orang tua Bunda atau bahkan lupa nama Bunda? Jika ini adalah sesuatu yang tidak ingin Bunda alami sama sekali, maka sangat penting bagi Bunda untuk menjadikan buah delima sebagai bagian dari diet harian Bunda.

Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa buah delima memainkan peran penting dalam mencegah Alzheimer. Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam buah delima memiliki kemampuan untuk mengurangi zat tertentu yang terkait dengan Alzheimer di wilayah otak. Delima mengurangi amiloid, zat yang menyebabkan Alzheimer hingga 50%.

11. Mengatasi Arthritis dan Nyeri Sendi

Berbekal sifat anti inflamasi yang dimiliki buah delima, tidak heran jika buah ini juga memiliki khasiat yang baik dalam mengatasi peradangan pada area sendiri seperti arthritis dan nyeri sendi.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa ekstrak buah delima dapat memblokir enzim yang diketahui merusak sendi pada penderita osteoartritis. Selain itu hal ini juga sudah dicoba pada tikus di mana percobaan tersebut berhasil meredakan radang sendi pada tikus.


Jika Bunda belum pernah menjadikan buah delima sebagai bagian dari diet harian Bunda, maka Bunda kehilangan banyak manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Jadikan delima bagian dari diet Bunda dan ubah gaya hidup Bunda dengan cara yang positif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama