9 Rekomendasi Pasta Gigi Sensitif Terbaik

Rekomendasi pasta gigi sensitif terbaik

Sesuai namanya, pasta gigi sensitif adalah produk khusus untuk Bunda yang memiliki masalah gigi sensitif. Beda dengan pasta gigi biasa, produk tersebut memiliki kandungan unik yang mampu meredakan gigi ngilu.

Gigi sensitif sendiri merupakan masalah yang terjadi akibat menipisnya enamel gigi. Hal ini membuat gigi terasa ngilu saat minum air dingin, panas, atau rangsangan ekstrim lainnya.

Selain menghindari makanan dan minuman tersebut, salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggosok gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi ini umumnya memiliki senyawa aktif yang mampu melindungi lapisan terluar gigi, sekaligus memperbaiki lapisan dentin, seperti:

  • Potassium Nitrat: Mengurangi sensitivitas gigi dengan memblokir sinyal sakit dari lapisan luar gigi ke saraf di dalamnya.
  • Kalsium Karbonat: Membersihkan gigi tanpa merusak lapisan luarnya, dan mengurangi kerusakan yang memicu gigi sensitif.
  • Stronsium Klorida: Mengurangi rasa sakit dan ngilu dengan menyumbat pori-pori dentin yang terkikis.
  • Fluorida: Membantu mengembalikan mineral yang hilang pada gigi yang rusak.

Dengan bahan-bahan tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasi pasta gigi sensitif terbaik untuk masalah gigi Bunda.

Rekomendasi Pasta Gigi Sensitif

1. Sensodyne Original

Sensodyne Original

Sensodyne adalah satu-satunya merek pasta gigi yang identik dengan gigi sensitif. Jadi jika bunda memiliki masalah tersebut, Sensodyne adalah rekomendasi pertama yang juga mudah dijumpai di mana-mana.

Pada versi originalnya, pasta gigi ini memiliki kandungan Potassium Nitrate dan Sodium Fluoride yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada gigi sensitif, sekaligus membantu memperkuat gigi dan memperbaiki lubang tak kasat mata pada gigi.

Sensodyne Original pun memiliki beberapa varian, seperti Fresh Mint yang hadir dengan aroma mint yang menyegarkan nafas, serta Cool Gel yang dapat membuat gigi dan mulut terasa dingin dan segar.

2. Sensodyne Repair & Protect

Sensodyne Repair & Protect

Bagi Bunda yang memiliki masalah gigi sensitif akibat rusaknya lapisan luar gigi, maka Sensodyne Repair & Protect adalah rekomendasi pasta gigi sensitif lain yang juga dapat meredakan rasa ngilu pada gigi sensitif sekaligus melindunginya.

Salah satu bahan aktif yang jadi andalannya adalah novamin alias calcium sodium phosphosilicate.

Novamin merupakan material bioaktif yang terdiri dari kalsium, fosfor, silika, dan sodium oksida yang mampu melepaskan ion ketika bersentuhan dengan kelembaban mulut. Komposisi ini pun nantinya dapat membantu menutup lubang kecil pada gigi dan memperkuat lapisan terluar gigi.

3. Sensodyne Rapid Relief

Sensodyne Rapid Relief

Bagi Bunda yang ingin menghilangkan rasa ngilu pada gigi sensitif dengan cepat, Sensodyne Rapid Relief bisa jadi solusi andalan.

Formula khususnya diklaim dapat meredakan ngilu gigi sensitif hanya dalam 60 detik. Selain itu pasta gigi ini juga memiliki kandungan lain yang bisa mencegah gigi berlubang dan melindungi gigi sensitif selama 24 jam.

4. Pepsodent Sensitive Mineral Expert

Pepsodent Sensitive Mineral Expert

Rekomendasi pasta gigi sensitif pertama yang bisa Bunda gunakan adalah Pepsoden Sensitive Mineral Expert.

Pasta gigi ini mengandung Calcium Silicate dan Hydrated Silica yang dapat membantu membersihkan dan menghilangkan noda dan plak pada gigi. Sodium Monofluorophosphate-nya pun dapat membantu memperkuat enamel gigi agar tidak mudah rusak.

Tidak cuma itu, Pepsoden Sensitive Mineral Expert pun dikembangkan dengan Active Remin Complex yang diklaim mampu membantu perbaiki gigi sensitif tepat pada sumbernya, dan menghilangkan rasa ngilu pada gigi hanya dalam waktu 30 detik saja!

Untuk perawatan sehari-hari, Bunda juga bisa menggunakan varian lain, Pepsoden Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment Extra Fresh yang membuat nafas segar sepanjang hari.

5. Pepsodent Complete 8 Multi Protection

Pepsodent Complete 8 Multi Protection

Bagi Bunda yang ingin merawat gigi sensitif, Pepsodent juga memiliki varian lain seperti Complete 8 Multi Protection. Bunda bisa menggunakan pasta gigi ini secara rutin untuk menghindari berbagai masalah pada gigi.

Pada pasta gigi ini terdapat bahan-bahan seperti Hydrated Silica, Potassium Citrate, Sodium Monofluorophosphate, dan Sodium Silicate.

Jadi tidak hanya dapat membantu merawat gigi sensitif, pasta gigi ini juga bisa menjaga kesehatan gusi, mengurangi plak dan karang gigi, melindungi lapisan email gigi, memutihkan gigi, serta membuat nafas Bunda lebih segar.

6. Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening Toothpaste

Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening Toothpaste

Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening Toothpaste adalah pasta gigi sensitif yang juga dapat dipakai untuk menghilangkan noda dan mengembalikan putih alami gigi.

Dilengkapi formula pro-Argin, pasta gigi ini diklaim mampu menghilangkan rasa ngilu pada gigi secara instan. Cara pakainyanya pun mudah. Bunda hanya perlu mengoleskan pasta gigi dan memijatnya pada gigi yang terasa ngilu.

Jika ada yang disayangkan, produk ini belum ready dan cukup sulit ditemukan di Indonesia, meski bunda masih bisa memesannya secara online.

7. Enzim 40 Plus

Enzim 40 Plus

Usia juga jadi salah satu penyebab masalah umum pada gigi, seperti gigi sensitif, gigi keropos, mulut kering, hingga masalah pada gusi. Enzim 40 Plus jadi solusi bagi Bunda yang sudah berusia lebih dari 40 tahun dan memiliki masalah pada gigi dan gusi.

Untuk gigi sensitif, pasta gigi ini mengandung Potasium Nitrate yang dapat membantu meredakan gigi ngilu. Lalu ada juga serbuk silika yang dapat membantu mentup lubang dentin penyebab gigi ngilu.

Di luar itu, Enzim 40 Plus juga mengandung enzim amiloglukosidase (AMG), glukosa oksidase (GO), dan laktoperoksidase yang dapat membantu mengembalikan kualitas air liur dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi sensitif.

8. Systema Sensitive White

Systema Sensitive White

Systema Sensitive White adalah pasta gigi buatan LION Japan yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif, sekaligus menghilangkan noda dan membuatnya putih kembali.

Di dalamnya tedapat kandungan potassium nitrate yang mampu membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif. Selain itu terdapat pula kandungan alumunium lactate yang dapat membantu menutup lubang keci pada gigi dan menyumbat permukaan dentin yang terbuka sehingga rasa ngilu di gigi hilang dalam sekejap.

9. Pasta Gigi Herbal Sensitif
Pasta Gigi Herbal Sensitif HPAI

Rekomendasi selanjutnya adalah Pasta Gigi Herbal Sensitif buatan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) yang dikenal sebagai penyelenggara Bisnis Halal Network di Indonesia.

Tidak kalah dengan pasta gigi sensitif lainnya, PGH Sensitif juga mengandung Calcium Carbonate, Hydrated Silica, dan Potassium Oxalate yang mampu membersihkan gigi sekaligus mengurangi lubang kecil penyebab ngilu pada gigi.

Hal yang paling unik adalah keberadaan Salvadora Persica alias Siwak yang telah lama digunakan sebagai pembersih alami gigi dengan kandungan anti-bakteri dan anti-mikroba-nya.


Itulah dia beberapa rekomendasi pasta gigi sensitif yang bisa Bunda gunakan. Tidak hanya baik untuk merawat gigi sensitif, beberapa pasta gigi tersebut juga bisa meredakan rasa ngilu secara instan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama