Penyebab Gigi Sensitif dan Ngilu Saat Minum Air Dingin

Gigi menjadi salah satu anggota tubuh yang mengalami kontak pertama kalinya dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi. Makanya bila terjadi masalah pada area mulut dan gigi, rasanya akan sangat membuat tidak nyaman.

Salah satu masalah yang seringkali menimpa gigi adalah rasa ngilu yang terus menerus muncul saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Blia Bunda mengalami hal yang sama, maka kemungkinan besar Bunda memiliki gigi sensitif.

penyebab gigi ngilu saat minum air dingin

Apa Itu Gigi Sensitif?

Sesuai namanya, gigi sensitif adalah gigi yang rentang bereaksi saat terkena perubahan yang ekstrim. Dalam dunia kedokteran, masalah ini juga dikenal sebagai dentin hypersensitivity. Salah satu ciri-cirinya adalah munculnya rasa ngilu yang membuat kita tidak nyaman saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin.

Rasa ngilu itu sendiri umumnya hanya berlangsung sementara saja. Saat rasa dingin menghilang, maka rasa ngilu pun akan semakin mereda. Meski begitu hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi jika terjadi secara berulang-ulang. Maka tidak heran bila penderita gigi sensitif lebih senang menghindari makanan atau minuman tersebut.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab utama gigi sensitif adalah hilang atau berkurangnya lapisan dentin pada gigi yang menyebabkan rangsangan pada gigi diteruskan secara berlebihan pada saraf. Masalah ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti:

  1. Berkurangnya area gusi yang mengekspos lapisan dentin yang terletak di bagian yang sebelumnya tertutup gusi.
  2. Erosi lapisan enamel gigi akibat makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi, serta kebiasaan menggertakan gigi yang bahkan dapat merusak gigi itu sendiri.
  3. Menggosok gigi dengan cara yang terlampau agresif dan menyebabkan abrasi pada lapisan luar gigi
  4. Gigi yang rusak, retak, atau patah dapat mengekspos lapisan dentin dan membuat gigi terasa lebih sensitif
  5. Melakukan prosedur perawatan gigi seperti pemutihan gigi, filling, atau pemasangan behel. Meski begitu hal ini biasanya sementara dan bisa hilang dengan sendirinya.

Cara Mencegah Munculnya Gigi Sensitif

Jika gigi Bunda sering mengalami rasa ngilu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya gigi sensitif atau mengurangi rasa ngilu tersebut. Beberapa di antaranya adalah.

  • Hindari makanan dan minuman dengan tingkat keasaman yang tinggi. Bunda juga bisa menghindari minuman berkarbonasi seperti soda atau cola.
  • Hindari makanan yang terlalu dingin atau panas.
  • Hindari merokok.
  • Sikat gigilah dengan perlahan agar tidak merusak lapisan luar gigi. Bunda juga perlu mengganti sikat gigi yang bulunya sudah mulai terasa kasar.
  • Hindari menyikat gigi setelah makan. Tunggu sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi Bunda.
  • Gunakan pasta gigi sensitif yang dirancang khusus untuk gigi sensitif.

Bila gigi masih terasa ngilu, bunda bisa berkonsultasi ke dokter gigi untuk melihat penyebab permasalahan tersebut. Bila ada kerusakan pada gigi, dokter gigi bisa membantu menutup celah tersebut untuk mengatasi masalah gigi sensitif Bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama