9 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Rambut

Minyak kelapa adalah salah satu minyak alami yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Sebagai contoh, bunda bisa mengatasi kulit kering dan memutihkan kulit hitam pada lutut menggunakan minyak dari kelapa ini.

Cara pakainya pun mudah. Bunda bisa mengoleskannya secara langsung atau mencampur minyak kelapa dengan bahan lain terlebih dahulu untuk dijadikan masker.

Namun selain untuk kedua hal tersebut, minyak kelapa juga jadi salah satu bahan alami yang cocok untuk merawat keindahan rambut. Selain membuatnya lebih berkilau, ada banyak manfaat minyak kelapa lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut bunda.

manfaat minyak kelapa untuk kecantikan rambut

1. Melembapkan Rambut Kering

Minyak kelapa bisa menjadi bahan alami untuk menggantikan fungsi conditioner. Dengan kandungan asam lemaknya yang tinggi, minyak kelapa akan sangat cocok untuk mengatasi rambut yang sulit diatur.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mencuci rambut seperti biasa. Setelah itu, gunakan minyak kelapa sebagai conditioner lalu bilas dan keringkan secara alami.

2. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Sama seperti minyak alami lain pada umumnya, minyak kelapa akan sangat cocok digunakan pada rambut kering agar terlihat lebih sehat dan lebih berkilau dari biasanya.

3. Mencegah Rambut Kusut

Rambut kusut dan sulit diatur memang jadi masalah yang menyebalkan, apalagi jika hal ini terjadi saat bunda sedang bepergian. Sebagai solusi, bunda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa sebelum berangkat agar rambut tidak mudah kusut dan mudah diatur.

4. Mencegah Kerusakan Rambut

Selain melembabkannya, minyak kelapa juga baik untuk mencegah kerusakan pada rambut. Berdasarkan hasil penelitian, minyak kelapa ternyata ampuh untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari bahaya paparan sinar matahari, polusi, hingga penggunaan produk kimia untuk rambut.

5. Melindungi Rambut dari Produk Kimia

Rambut yang sering mendapatkan perawatan salon seperti smoothing, rebonding atau pewarnaan rambut biasanya rentan rusak dan akan menjadi kering. Nah, untuk mengembalikankelembaban alami rambut dan melindunginya dari bahan-bahan kimia yang digunakan saat perawatan, bunda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin pada rambut.

6. Mengontrol Rambut Bercabang

Selain membuatnya kering, rambut yang sering terkena paparan sinar matahari dan produk rambut berbahan kimia juga bisa menjadi bercabang. Untuk mengatasinya, bunda bisa menggosokan minyak kelapa ke seluruh kepala, terutama bagian ujung rambut, lalu diamkan dan bilas dengan air bersih.

7. Mengatasi Ketombe

kandungan asam laurat serta anti-oksidan pada minyak kelapa dipercaya bisa menghalau jamur penyebab ketombe dan membuat kulit kepala serta rambut bunda bersih.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mengoleskan minyak kelapa secara langsung atau mencampurnya terlebih dahulu dengan sampo anti ketombe lalu pijat secara merata di seluruh kulit kepala.

8. Mencegah Rambut Beruban Lebih Cepat

minyak kelapa dapat mencegah rambut beruban lebih cepat

Rambut beruban biasanya disebabkan oleh faktor usia. Namun tidak jarang pengaruh lingkungan, perubahan hormon, hingga tingkat stres yang tinggi membuat uban muncul lebih cepat dari biasanya.

Nah, salah satu cara agar rambut tidak cepat beruban adalah dengan mengoleskannya dengan minyak kelapa. Minyak alami ini akan masuk ke dalam folikel rambut dan memberinya nutrisi serta melindunginya dari berbagai macam penyebab kerusakan rambut.

9. Mengatasi Kutu Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan rambut lainnya adalah untuk mengatasi dan mencegah munculnya kutu rambut.

Untuk menggunakannya, bunda bisa membuat campuran adas manis dan minyak kelapa lalu siramkan ke rambut sampai kutu menghilang. Sebagai alternatif, bunda juga bisa mengoleskan minyak kelapa lalu bilas menggunakan cuka sari apel.


Itu dia beberapa manfaat minyak kelapa untuk menjaga dan merawat kecantikan rambut. Selain bisa mendapatkan hasil yang baik, minyak kelapa juga tidak sulit untuk ditemukan dan harganya pun terjangkau. Jadi tidak perlu keluar uang banyak kan untuk membuat rambut berkilau dan bebas dari masalah?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama