7 Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Minyak esensial yang dibuat dari ekstrak tanaman seringkali digunakan sebagai produk kecantikan alami. Salah satunya adalah minyak jarak yang dibuat dari ekstrak biji jarak (rinicius communis).

Meski sebenarnya biji jarak mengandung enzim yang cukup beracun, minyak jarak justru aman dikonsumsi dan bisa mendatangkan banyak manfaat, baik saat diminum atau dioleskah ke permukaan tubuh.

manfaat minyak jarak untuk kecantikan rambut dan kulit wajah

Minyak jarak sendiri sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu obat tradisional di berbagai negara. Selain digunakan untuk merangsang persalinan, kandungan baik dalam minyak jarak juga menjadikannya sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan kosmetik.

Nah, sebelum bunda juga ikut menggunakannya, simak dulu yuk beberapa manfaat minyak jarak untuk kecantikan serta efek samping yang bisa ditimbulkannya.

1. Mencegah dan Mengatasi jerawat

Manfaat pertama dari minyak jarak adalah untuk mengatasi jerawat. Kandungan asam risinoleat di dalam minyak jarak dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu minyak jarak juga bisa bertindak sebagai anti inflamasi yang bisa mencegah peradangan agar jerawat lebih cepat sembuh.

2. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Jika bunda mencari produk castor oil atau minyak jarak, umumnya mereka dipasarkan sebagai obat penyubur rambut. Hal ini bukannya tanpa sebab karena minyak jarak mengandung asam risinoleat dan banyak asam lemak omega 6.

Keduanya diklaim dapat membuat aliran darah di kulit kepala lebih lancar sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu minyak jarak juga bisa menyeimbangkan kadar pH pada permukaan kulit kepala sehingga baik untuk melembabkan dan mengatasi ketombe serta masalah rambut kering.

3. Menebalkan Alis dan Bulu Mata

minyak jarak untuk kesehatan rambut serta menebalkan alis dan bulu mata

Selain untuk menyuburkan rambut, minyak jarak juga sering dipasarkan sebagai produk alami untuk menebalkan rambut alis dan memanjangkan bulu mata. Ekstrak biji jarak dipercaya dapat merangsang folikel rambut agar alis dan bulu mata tampak lebih tebal. Selain itu minyak jarak juga bisa menutrisi rambut serta membasmi bakteri penghambat pertumbuhan rambut.

4. Melembapkan Kulit

Kandungan asam risinoleat, emolien, dan trigliserida pada biji jarak dapat membantu bunda untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik secara alami. Asam risinoleta dapat membantu melembapkan kulit, sementara kandungan emolien dan trigliseridanya dapat mencegah kulit kering dan mengelupas.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampurkan minyak jarak dengan minyak esensial lainnya seperti minak zaitun atau minyak kelapa terlebih dahulu.

5. Menyembuhkan Luka

Castor oil dapat digunakan dalam membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain membasmi mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi, minyak jarak juga bisa membantu merangsang pertumbuhan jaringan di sekitar kulit yang luka.

Tidak hanya itu, minyak jarak juga efektif untuk menghilangkan bekas strecth mark pada ibu setelah melahirkan. Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampurkan minyak jarak dengan minyak almond lalu oles secara rutin hingga bekas strecth mark menghilang.

6. Menunda Penuaan Dini

Mengoleskan minyak jarak pada wajah bisa menjadi salah satu cara alami bunda untuk mencegah penuaan dini. Selain membantu melembapkan kulit, minyak jarak juga bisa merangsang produksi kolagen yang baik untuk elastisitas kulit.

Selain itu minyak jarak juga mengandung anti oksidan yang mampu melawan radikal bebas dan melindungi kulit wajah.

7. Mengobati Bibir Kering

Salah satu tips mengatasi bibir kering yang bisa bunda coba adalah dengan mengoleskannya dengan minyak jarak. Pada minyak jarak terdapat emolien yang banyak digunakan pada lipstik dan lip gloss dan berfungsi untuk melembabkan bibir.


Siapa sangka ternyata minyak jarak memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bunda menggunakannya. Pada beberapa orang, minyak jarak malah bisa memicu reaksi alergi pada kulit dan menimbulkan gejala seperti ruam kulit, gatal-gatal, hingga pembengkakan. Jadi jika hal tersebut terjadi pada bunda, segera hentikan pemakaiannya yah!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama