10 Manfaat Olahraga untuk Anak

November 14, 2020

Olahraga adalah salah satu cara yang banyak dilakukan agar tubuh lebih sehat. Tapi tidak hanya baik untuk orang dewasa saja lho bun, olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Pilihan olahraga terbaik untuk anak pun sangat beragam mulai dari berlari, sepakbola, hingga berenang.

Makanya, daripada membiarkan si kecil berdiam diri dan terus menerus menatap gadget, ajarkan ia berolahraga agar mendapatkan menfaat olahraga sebagai berikut.

manfaat olahraga untuk anak

1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat utama dari olahraga adalah untuk mengontrol berat badan serta mencegah obesitas. Dengan berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu, risiko obesitas pada anak berkurang hingga 31 persen.

Ketika si kecil tidak banyak bergerak, ia cenderung akan memasukan lebih banyak kalori daripada yang bisa ia keluarkan. Jika hal ini sering terjadi, bobot si kecil bisa saja membesar dan menyebabkan obesitas jika lajunya tidak terkendali.

Dengan berolahraga, jumlah kalori yang masuk dan keluar akan jauh lebih teratur. Pada banyak kasus, tubuh bahkan bisa mengalami defisit kalori sehingga bobot tubuh si kecil akan jauh lebih terjaga saat ia berolahraga. Tidak hanya itu, berolahraga secara rutin selam tiga kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko obesitas pada anak hingga 30 persen lho bun!

2. Memperkuat Jantung

Jantung terdiri dari banyak otot. Dan sama seperti otot pada umumnya, kinerja jantung akan lebih baik jika dilatih secara teratur.

Dengan berolahraga, otot-otot pada jantung menjadi lebih kuat dan akan bekerja lebih efisien. Hal ini pulalah yang membuat olahraga aerobik yang baik untuk jantung bisa melindungi anak dari risiko penyakit jantung koroner saat mereka dewasa.

3. Memperkuat Paru-Paru

Selain jantung, olahraga teratur juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan tingkat efisiensinya dalam mengeluarkan dan memasukan udara ke dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih banyak menyerap oksigen dan lebih mudah dalam membuang gas sisa ke luar tubuh.

Salah satu olahraga yang baik untuk paru-paru adalah berenang. Manfaat berenang tidak hanya untuk menyehatkan paru-parunya saja, tapi juga untuk melatih otot dan koordinasi tubuhnya.

4. Memperkuat Tulang

Sudah tahu belum sih bun kalau olahraga juga bisa membantu memperkuat tulang? apalagi kalau dilakukan pada pagi hari di ruang terbuka yang terkena sinar matahari.

Peningkatan kepadatan tulang ini akan sangat baik karena dapat mencegah penyakit osteoporosis, sebuah kondisi di mana tulang kehilangan kepadatan, melemah, dan menjadi keropos serta rapuh.

Orang dewasa umumnya mulai kehilangan massa tulang di usia 20-an. Namun menurut penelitian, mereka yang sejak kecil sering olahraga secara teratur akan mengalami penurunan dalam usia yang jauh lebih tua.

5. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Lemak dan kolesterol adalah musuh bagi pembuluh darah. Jika jumlahnya banyak, kedua zat ini dapat menyebabkan banyak hal negatif, salah satunya adalah mempersempit pembuluh darah. Efek sampingnya pun tidak kalah bahayanya, seperti meningkatkan tekanan darah dan memperbesar risiko terkena serangan jantung.

Dengan berolahraga, jumlah kolesterol dan lemak berbahaya bisa dikurangi. Hal ini akan meningkatkan fleksibilitas dinding pembuluh darah dan membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Namun tidak hanya berolahraga saja, pastikan si kecil juga tidak mengkonsumsi makanan yang kaya lemak dan kolesterol sejak dini yah bun!

6. Meningkatkan Kecerdasan

Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung yang membuat darah mengalir lebih banyak dan lebih cepat ke seluruh anggota tubuh, termasuk otak. Hal ini dapat memicu produksi neuron pada beberapa bagian otak yang mengontrol fungsi kognitif dan memori.

Tidak cuma itu, olahraga juga bisa meningkatkan produksi neurotrophins yang bisa meningkatkan fungsi otak dalam memiliki memori dan kemampuan belajar yang lebih baik.

Llebih lanjut, menurut para peneliti di Michigan State University's Institute, anak yang gemar berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak. Dari penelitian tersebut didapat fakta bahwa olahraga bisa membantu mengajarkan anak untuk lebih fokus pada tugas, dan mengatur waktu lebih efektif.

7. Membantu Mencegah Kanker

Tidak hanya membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga bisa membantu mencegah kanker sejak dini. Dari beberapa penelitian, anak yang berolahraga secara teratur memiliki risiko kanker yang lebih rendah saat mereka beranjak dewasa.

8. Membuat Mood Lebih Baik

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa olahraga bisa meningkatkan jumlah zat serotonin. Zat kimia ini berfungsi sebagai pengatur suasana hati yang dapat meningkatkan energi serta kekuatan sel saraf.

Tidak hanya itu, menurut satu teori, olahraga juga bisa melepaskan beta-endorphin, zat alami dalam tubuh yang ratusan kali lebih kuat daripada morfin. Hal ini membuat olahraga menjadi sarana yang baik untuk meningkatkan mood dan mencegah depresi.

9. Mengajarkan Kerjasama dan Sikap Sportif

Berolahraga dalam sebuah tim dan mengikuti kompetisi akan mengajarkan banyak hal pada si kecil. Selain berlatih untuk bekerja sama, si kecil juga bisa belajar untuk bersikap sportif kepada lawan-lawannya. Sikap baik yang ditanam sejak kecil ini akan terbawa pada kehidupan mereka sehari-hari dan membuat si kecil memiliki kepribadian yang lebih baik.

10. Menghindari Perbuatan Negatif

Manfaat olahraga untuk anak yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menghindarkan mereka dari perbuatan negatif. Dengan berolahraga si kecil bisa belajar memanfaatkan waktu mereka untuk melakukan hal poositif.


Olahraga memiliki banyak manfaat yang tidak hanya bisa dirasakan orang dewasa juga, tetapi juga anak-anak. Dengan mengajaknya berolahraga sejak dini, si kecil akan memiliki kebiasaan baik dan membuatnya terhindar dari beragam risiko penyakit saat ia dewasa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.