5 Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan Keluarga

Air purifier atau penjernih udara, jadi salah satu barang elektronik yang laris diburu saat pandemi. Meski sebenarnya sudah ada sejak lama, penjernih udara menjadi populer karena diklaim mampu membersihkan udara dari bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Jika bunda memiliki anak kecil di rumah, memiliki air purifier akan sangat membantu untuk membersihkan udara kotor sebelum dihirup si kecil. Namun ternyata tidak cuma itu lho bun, masih ada banyak lagi manfaat air purifier yang membuatnya patut untuk dimiliki di dalam rumah.

Manfaat air purifier untuk kesehatan keluarga di rumah

Manfaat Udara Bersih untuk Kesehatan

Meski sekilas tampak biasa saja, udara yang kita hirup sehari-hari sudah tercampur dan terkontaminasi banyak hal yang tidak terlihat oleh mata. Hal ini bisa diperparah bila bunda tinggal di lingkungan yang kurang sehat seperti dekat tempat pembuangan sampah atau tinggal bersama perokok aktif.

Padahal udara yang sehat bisa membantu menjaga kesehatan bunda dan membuat anggota keluarga lebih kebal terhadap penyakit. Selai itu udara sehat juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan seperti:

1. Menyehatkan saluran pernapasan

Penyakit pernapasan umumnya terpicu karena banyaknya zat polutan pada udara yang bunda hirup. Tergantung zat yang terkandung di dalamnya, udara yang kotor dapat menyebabkan beragam gangguan pernapasan seperti sesak napas, batuk, hingga radang pada tenggorokan.

Hal ini tentu akan lebih mudah dicegah bila bunda menghirup udara segar setiap hari.

2. Mencegah penyakit kronis

Menghirup udara kotor setiap hari mungkin tidak akan langsung dirasakan akibatnya. Namun bila hal ini terjadi setiap hari, maka ada kemungkinan bunda akan terjangkit penyakit yang lebih kronis seperti gangguan kardiovaskular atau malah penyakit kanker.

3. Meningkatkan fokus

Menghirup udara bersih memastikan otak mendapatkan pasokan oksigen yang berkualitas. Dengan begitu otak dapat bekerja lebih optimal dan membuat bunda lebih fokus dalam menjalankan tugas sehari-hari.

4. Memperbaiki mood

Ada alasan kenapa berjalan-jalan di gunung atau pantai dan menghirup udara segar membuat tubuh dan pikiran terasa lebih fresh, sehingga cocok sebagai relaksasi. Makanya banyak orang yang senang berlibur di akhir pekan untuk menghindari polusi di kota untuk meningkatkan mood dan semangat mereka lagi.

Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan

Mencari udara yang segar dan bersih mungkin bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi bila bunda tinggal di daerah perkotaan. Salah satu langkah mudah untuk melindungi kesehatan keluarga adalah dengan menyediakan air purifier yang dapat menyaring udara kotor dan membuatnya lebih sehat, serta memberikan berbagai manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah penularan penyakit

Beberapa penyakit seperti flu dapat menyebar dengan cepat di dalam rumah. Untuk mengurangi tingkat penularannya, bunda bisa menggunakan air purifier di dalam rumah.

Meski tidak 100 persen menghilangkan bakteri dan virus dari udara, adanya penjernih udara akan mengurangi jumlah bakteri dan virus yang terperangkap di udara sehingga mampu menekan laju penularan virus atau bakteri tersebut.

2. Menghilangkan bau tak sedap

manfaat air purifier untuk menghilangkan bau tak sedap dari hewan peliharaan

Jika bunda memiliki anggota keluarga yang merokok atau memelihara hewan peliharaan, air purifier akan sangat cocok untuk rumah bunda. Kebanyakan air purifier memiliki fitur yang dapat menyaring bau tidak sedap seperti bau apek, bau kotoran hewan, atau bau asap rokok.

3. Menurunkan kadar zat kimia berbahaya

Beberapa material di dalam rumah sekilas tidak berbahaya namun ternyata mengeluarkan zat kimia yang cukup berbahaya untuk tubuh. Menurut situs Enviromental Protection Agency (EPA)., material seperti karpet, asbes, cat pelapis kayu, hingga peralatan elektronik yang mengeluarkan panas bisa menjadi sumber polutan berbahaya. Untuk menurunkan kadar zat kimia berbahaya dari sumber tersebut, bunda bisa menggunaakn air purifier di rumah.

4. Mengurangi jamur

Spora jamur yang beterbangan di udara juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit yang mengintai anggota keluarga di dalam rumah. Selain itu zat yang terdapat pada spora jamur juga bisa memicu kambuhnya alergi hingga mempengaruhi kondisi kesehatan bila dibiarkan terlalu lama.

Salah satu manfaat air purifier adalah untuk mengurangi polutan dalam udara, termasuk spora jamur. Dengan begitu rumah bunda bisa terbebas dari sumber penyakit yang berpotensi membahayakan seperti jamur.

5. Mengurangi gejala asma

Penderita gejala asma akan mendapatkan manfaat air purifier yang terpasang di rumah. Adanya penjernih udara akan membuat kualitas udara membaik sehingga pemicu gejala asma dapat ditekan agar tidak terus-menerus kambuh.

6. Meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah

Mungkin manfaat air purifier yang satu ini tidak bunda sangka yah? tapi menurut studi yang dipublikasikan JAMA Internal Medicine, penggunaan air purifier ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung lho bun!


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit adalah dengan makan makanan sehat serta rajin berolahraga. Sebagai alternatif, bunda juga bisa menyediakan air purifier untuk menjaga kualitas udara agar tetap sehat saat dihirup oleh anggota keluarga di rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama